KemenPAN-RB Kaji Posisi Wakil Menteri

KemenPAN-RB Kaji Posisi Wakil Menteri
KemenPAN-RB Kaji Posisi Wakil Menteri

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) akan meninjau ulang posisi wakil menteri (wamen). Artinya, posisi wamen bisa saja tetap dipertahankan atau justru ditiadakan.

Menurut WamenPAN-RB Eko Prasoko, kalaupun posisi wamen dipertahankan maka sebaiknya jumlahnya tidak terlalu banyak. Selain itu, pengisian wamen juga harus dilakukan secara selektif.

"Tidak semua instansi boleh ada wamennya. Posisi wamen hanya untuk kementerian yang beban kerjanya sangat banyak dan strategis," kata Eko di Jakarta, Kamis (28/8).

Dia juga menyoroti masalah lain yang membuat organisasi pemerintahan saat ini yang tampak gemuk. Yaitu banyaknya lembaga pemerintah non-kementerian (LPNK) dan lembaga non-struktural (LNS).

Menurutnya, keberadaan lembaga-lembaga itu banyak yang dibentuk atas perintah undang-undang. Karenanya,kalaupun mau direstrukturisasi atau bahkan dihapus perlu pembahasan mendalam.

"Sudah konsekuensi setiap ada pembentukan UU imbasnya ada lembaga baru. Nah ini yang membuat organisasi bertambah gemuk. Itu sebabnya, posisi wamen harus benar-benar ditelaah lagi," ucapnya. (esy/jpnn)


JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) akan meninjau ulang posisi wakil menteri (wamen). Artinya,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News