Depkes Prioritaskan Jamkesmas

Depkes Prioritaskan Jamkesmas
Depkes Prioritaskan Jamkesmas
JAKARTA—Program jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas) akan tetap diprioritaskan pemerintah dalam hal ini Departemen Kesehatan Depkes).Malah untuk tahun ke depan, program pelayanan kesehatan ini akan lebih dikembangkan. "Jamkesmas akan terus dilaksanakan di tahun 2009 dan tahun berikutnya.Negara tidak memiliki utang pada rumah sakit terkait dengan Jamkesnas," kata Menteri Kesehatan Siti Fadilah pada pers, Senin (12/1).

Program Jamkesmas yang dikelola Depkes lanjut Menkes, terbukti mampu mengefisienkan uang negara hingga Rp 1,464 triliun jika dibandingkan saat dikelola PT Askes pada 2007.Mengenai sumber dana Jamkesmas ini menurut Siti Fadilah berasal dari bantuan sosial yang penggunaannya diawasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Jadi bukannya tidak diawasi serta diaudit. BPK dan KPK akan mereview dana Jamkesmas apakah tepat atau tidak, jika ada penyelewengan maka akan ditindak sesuai hukum," tukasnya.Selain itu pengawasan juga dilakukan semua lurah untuk transparan dalam melaporkan siapa saja yang mendapat kartu keluarga miskin agar masyarakat dapat memantau langsung apakah yang menerima kartu keluarga miskin adalah benar orang miskin.

"Kalau melihat ada salah sasaran dalam penyaluran fasilitas Jamkesmas,warga bisa mengaudit langsung pimpinannya di daerah. Pemda juga harus menempelkan yang menerima jamkesmas," tegasnya. (esy)
Berita Selanjutnya:
HKTI Minta MUI Hati-Hati

JAKARTA—Program jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas) akan tetap diprioritaskan pemerintah dalam hal ini Departemen Kesehatan Depkes).Malah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News