Ponpes Terbakar, Santri Tewas Terpanggang

Ponpes Terbakar, Santri Tewas Terpanggang
Ponpes Terbakar, Santri Tewas Terpanggang

jpnn.com - DEPOK – Pondok Pesantren (Ponpes) Al Sakinah yang terletak di Jalan M Ali I, RT04/02, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, Depok, dilalap sijago merah, Rabu (3/8) dini hari. Akibat kejadian tersebut, seorang santri bernama Rizki, 8, siswa kelas 2 tewas terpanggang.

Warga Tanjung Priuk, Jakarta Utara itu diduga tidak sempat melarikan diri saat kobaran api melumat yayasan tersebut. Selain itu dua santri lainnya mengalami luka bakar cukup serius. Mereka adalah Fadelan, 9, dan M Khairul Amar, 7. Penyabab kebakaran itu diduga akibat hubungan arus pendek atau koorsleting listrik.

Menurut Irwan, sakti mata yang juga satpam Yayasan Al Sakinah, asap pertama kali muncul dilantai tiga ruang tidur para santri. Kepulan asap hitam pekat itu pun berubah menjadi kobaran api yang membesar. Seketika itu pula puluhan santri dan ustad yang sedang tertidur lelap, berhamburan turun ke luar dari gedung.

”Yang lain sibuk bawa santri turun, saya langsung telepon Damkar. Apinya langsung membesar karena angin bertiup sangat kencang. Kejadiaannya saat semua sedang istirahat,” kata Irwan kepada INDOPOSb (Grup JPNN.com) saat ditemui dilokasi, Rabu (3/9).

Irwan mengatakan, saat api membesar sejumlah siswa yang panik berhamburan keluar bangunan. Dari 24 siswa yang menghuni lantai tiga itu, yang tersisa hanya Rizki, Fadelan, dan  M Khairul Amar. Karena panik, Rizki pun tidak mau turun dan bersembunyi dalam kamar yang sudah dipenuhi api.

Usaha Fadlan dan M Khairul Amar yang datang membujuknya untuk turun menyelamatkan diri berbuah mala petaka. Baju dan selimut yang dikenakan Rizki langsung dijilat api. Santri tersebut pun langsung terbakar hingga hangus.

Begitu pula dengan Fadlan, wajah, kaki dan tangannya itu terbakar. Sedangkan  M Khairul Amar hanya terkena pecahan kaca jendela. ”Semua korban langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat. Hampir sejam api bisa dijinakan petugas damkar yang datang dengan 5 mobil. Sudah sangat besar sekali api yang keluar,” jelasnya.

Irwan menambahkan, Rizki yang tewas terpanggang ditemukan dalam posisi tertelungkup. Yang tersisa dari tubuh korban hanyalah tengkorang dan tulang yang masih utuh. Jasad korban pun segera dibawa polisi untuk keperluan otopsi. Untuk Fadlan dan  M Khairul Amar, keduanya dilarikan ke RS Graha Permata Ibu Kukusan, guna melakukan pertolongan pertama.
 
”Kalau kata polisi luka bakar pada Fadlan hampir 30 persen. Saya juga sudah hubungi pengelola yayasan untuk segera datang dan melihat lokasi. Ada banyak garis polisi dilantai tiga dan gedung yayasan,” imbuhnya.

DEPOK – Pondok Pesantren (Ponpes) Al Sakinah yang terletak di Jalan M Ali I, RT04/02, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, Depok, dilalap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News