Dulu Sabongi, Sekarang Roti

Dulu Sabongi, Sekarang Roti
Sabongi, makanan khas Gorontalo. Foto: getty images

jpnn.com - SIAPA yang tak kenal dengan roti? Roti merupakan panganan berat pengganti yang praktis.

Kini, masyarakat Gorontalo pun mulai melirik roti sebagai makanan non beras, terutama yang sedang diet.

Bagaimana tidak. Bukti masyarakat Gorontalo yang gemar memilih roti terlihat dari menjamurnya jajanan roti yang menyajikan varian rasa, bentuk beragam bahkan kandungan gizi.

Seperti yang terlihat di Mall Gorontalo, banyak sekali jajanan roti khas yang kian digandrungi baik kaum baya, remaja muda dan anak-anak. Memang itu bukan hal baru, namun bagi sebagian kalangan hal ini merupakan bagian dari proses pergeseran nilai yang mengikuti trend saat ini, khususnya bagi masyarakat Gorontalo.

"Dulu di Gorontalo kita makan kasubi, sabongi. Sekarang, roti yang banyak macam. Orang-orang Gorontalo sekarang mungkin sudah tidak kenal lagi dengan Sabongi dan makanan tradisional Gorontalo lainnya," kata Sumiyati, warga Gorontalo.

Sabongi merupakan makanan yang terbuat dari adonan tepung yang berisi pisang masak.

Ditambahkan warga Kecamatan Telaga ini, makanan seperti Sabongi sangat digemari oleh masyarakat dan paling pas untuk mengganjal perut jika sudah lapar.

Namun sekarang, banyak orang yang merasa tabu makan sabongi, apalagi dibawa ke tempat-tempat gaul seperti di Mall Gorontalo.

SIAPA yang tak kenal dengan roti? Roti merupakan panganan berat pengganti yang praktis. Kini, masyarakat Gorontalo pun mulai melirik roti sebagai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News