DPD akan Laporkan Danone ke KPK

DPD akan Laporkan Danone ke KPK
DPD akan Laporkan Danone ke KPK
JAKARTA- Ketua Tim Upaya Pemberantasan Korupsi Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Marwan Batubara akan melaporkan Aqua Danone atau PT. Tirta Investama ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), karena diduga telah melakukan sejumlah manipulasi dan dugaan korupsi dalam menjalankan bisnis air kemasan hingga merugikan negara hingga miliaran rupiah.''Danone telah melakukan kebohongan publik, diantaranya mereka memanipulasi angka produksi air yang telah mereka sedot dari bumi Indonesia,'' kata Marwan kepada wartawan di Jakarta, Rabu (14/1).

Marwan mencontohkan kebohongan publik yang dilakukan Danone di Klaten Jawa tengah. Menurut Marwan Pemprov Jateng memberi izin penyedotan air dari sumur perusahaan itu hanya sebesar 23,4 liter per detik yang didasarkan saran upaya pengelolaan lingkungan hidup (UKL) dan upaya pemantauan lingkungan hidup (UPL) di tingkat 40 liter per detik. ''Namun berdasarkan inspeksi Direktorat Sumber Daya Air pada Februari 2004 membuktikan ekspolitasi air tanah mencapai 86 liter per detik sehingga berdasarkan temuan itu pemerintah bisa mencabut izin operasi Aqua Danone.''

Lebih Jauh Marwan menegaskan, selama ini Aqua selalu menebar kebohongan-kebohongan publik. Misalnya, Aqua selalu mengatakan air yang digunakan merupakan air dari pegunungan.'' Pegunungan yang mana? karena air itu disedot dari perut bumi," ujar Marwan.Upaya pelanggaran hukum lainnya adalah manipulasi pajak yang disetorkan kepada negara.

"Kami punya bukti salah satu direktur perusahaan itu, Mr Gilbert, dilaporkan ke Dirjen Pajak hanya digaji 2000 dolar AS. Sementara resminya ia dibayar 10 ribu euro. Dari sini saja sudah jelas adanya pelanggaran hukum itu," katanya.Terkait dengan manipulasi pajak selama bertahun-tahun yang dilakukan perusahaan tersebut, Marwan mengatakan bahwa DPD juga akan berkirim surat ke Dirjen Pajak untuk mengusut dugaan manipulasi pajak tersebut hingga tuntas.

JAKARTA- Ketua Tim Upaya Pemberantasan Korupsi Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Marwan Batubara akan melaporkan Aqua Danone atau PT. Tirta Investama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News