Banyak Pelamar CPNS Salah Input Data, Ini Komentar Panselnas

Banyak Pelamar CPNS Salah Input Data, Ini Komentar Panselnas
Banyak Pelamar CPNS Salah Input Data, Ini Komentar Panselnas

jpnn.com - JAKARTA--Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS tidak akan memberikan toleransi kepada pelamar yang salah input data meskipun kesalahannya kecil.

Alasannya, dengan pendaftaran online pelamar justru diberikan kemudahan karena tidak perlu jauh-jauh datang ke instansi yang dilamar.

"Memang banyak permintaan agar Panselnas memberikan kelonggaran untuk mengganti data pelamar yang salah ketik. Tapi itu tidak bisa kami tolerir. Salah ketik, ya gagal," tegas Zainul Anwar Effendi, tim IT Panselnas, Senin (22/9).

Sikap tegas Panselnas ini menurut Zainul, karena sistem pendaftaran online jauh lebih mudah dan enak. Dia membandingkan dengan pendaftaran manual, di mana pelamar juga harus mengisi formulir.

"Yang jadi pertanyaan, ketika formulir diisi apakah pelamar bisa menarik kembali dan mengubah lamarannya dengan alasan salah isi. Kan tidak begitu, makanya di sistem online juga tidak bisa diubah-ubah," ujarnya.

Pakar IT dari BPPT ini menambahkan, pendaftaran CPNS online bukan sekadar buka lowongan pekerjaan saja. Tapi harus ada pembenahan untuk perekrutan pelamar CPNS.

"CPNS profesional akan didapat dari mulai pendaftaran. Hanya orang cermat dan teliti bisa masuk. Karena itu pelamar harus menghindari kesalahan sekecil mungkin," tandasnya. (esy/jpnn)

 


JAKARTA--Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS tidak akan memberikan toleransi kepada pelamar yang salah input data meskipun kesalahannya kecil.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News