Serap Tenaga Kerja lewat Binaan UKM

Serap Tenaga Kerja lewat Binaan UKM
Serap Tenaga Kerja lewat Binaan UKM

jpnn.com - SURABAYA - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk terus berkomitmen mendorong pertumbuhan ekonomi dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat luas. Salah satu upayanya adalah membina usaha kecil menengah (UKM).

Saat ini perseroan telah memiliki sekitar 12 ribu mitra binaan di bidang usaha perdagangan, kuliner, agrobisnis, industri kreatif, hingga berbagai sektor industri kecil lainnya.

Kadep CSR Semen Indonesia Wahyudi Heru menuturkan, kehadiran UKM sering menjadi sabuk pengaman bagi perekonomian nasional dalam mengurangi jumlah pengangguran dan mengentaskan kemiskinan. ''Dari total mitra itu, omzetnya sudah mencapai Rp 800 miliar,'' katanya kemarin (26/9).

Wahyudi berharap, dengan pembinaan, pelaku UKM mampu meningkatkan kinerja dan bersaing. Apalagi Indonesia akan menghadapi pasar bebas. Saat ini mitra binaan perusahaan pelat merah tersebut tersebar di berbagai daerah, terutama di basis usaha perseroan, yaitu Gresik dan Tuban.

Selain pinjaman lunak, Semen Indonesia memberikan pendampingan, pelatihan, serta perluasan akses pasar melalui fasilitas promosi dan pameran bagi para UKM. ''Kami berpandangan, layanan modal (microfinance) harus dipadukan dengan penunjang lain (microservices). Misalnya, pendampingan, pelatihan, dan perluasan akses pasar. Dengan begitu, daya saing UKM bisa terbangun di tengah makin ketatnya kompetisi dunia bisnis,'' ujarnya. (ias/c14/oki)


SURABAYA - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk terus berkomitmen mendorong pertumbuhan ekonomi dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat luas.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News