Istri Dubes RI Untuk Brasil Sakit, Pilih Berobat di Surabaya

Lebih Nyaman, Yakin Dokter Indonesia Tak Kalah Hebat

Istri Dubes RI Untuk Brasil Sakit, Pilih Berobat di Surabaya
Istri Dubes RI Untuk Brasil Sakit, Pilih Berobat di Surabaya. Dubes Sudaryomo Hartosudarmo (empat dari kanan) bersama istri, Tripangestuti (berjilbab), berfoto dengan tim dokter RSUD dr Soetomo Surabaya Jumat lalu (26/9). Frizal/Jawa Pos/JPNN.com

jpnn.com - Sebagai wakil Pemerintah Indonesia di Brasil, Sudaryomo Hartosudarmo sesungguhnya punya banyak fasilitas nomor satu. Termasuk bila harus mengobatkan sang istri Tripangestuti. Namun, Sudaryomo tidak memanfaatkan privilese itu di negeri tempatnya bertugas selaku diplomat. Dia memilih memboyong istrinya ”mudik” ke tanah air untuk operasi by pass pembuluh jantungnya.


Laporan Priska Birahy, Surabaya
======================


Sudah tiga minggu ini Tripangestuti menjalani perawatan intensif di RSUD dr Soetomo Surabaya. Dia tiba di Indonesia pada 12 September. Langsung masuk rumah sakit (RS) milik Pemprov Jawa Timur tersebut. Sepuluh hari kemudian, yakni Senin (22/9), Tripangestuti menjalani operasi. Operasi itu berjalan sukses. Kini ibu dua putri tersebut memasuki tahap pemulihan. Dia dirawat di kamar VIP Graha Amerta RSUD dr Soetomo.

Ketika Jumat lalu (26/9) mendapat visite dari tim dokter yang merawatnya, Tripangestuti tampak sudah sehat. Dia bahkan sudah bisa berjalan meski masih di sekitar ruang perawatan. Tim medis yang dipimpin dr Yan Efrata Sembiring pun merasa lega melihat perkembangan pasien istimewanya itu.

”Yang penting sekarang dipulihkan ya Bu kondisinya. Kami yakin, melihat perkembangan Ibu, tak lama lagi Ibu sudah boleh pulang,” ujar Yan.

Dalam kunjungan itu, tampak pula Prof dr Paul Tahalele, dr Jeffry Adipranoto, dr Philia Setiawan, dan dr Heroe Subroto. Sedangkan Tripangestuti didampingi sang suami Sudaryomo Hartosudarmo. Keceriaan terlihat di wajah suami istri itu. Mereka tak habis-habisnya menyampaikan terima kasih atas perhatian dan pelayanan prima yang diberikan RSUD dr Soetomo. ”Ini bukti rumah sakit di Indonesia tidak kalah maju dan bagusnya dengan negara lain. Saya percaya itu,” tegas Sudaryomo.

Lantaran kondisi istrinya mulai stabil dan terus membaik, alumnus Fisipol UGM 1974 tersebut kemarin (27/9) sudah berani meninggalkannya dan kembali ke tempat tugas di negara bintang Barcelona Neymar itu. Dia belum tahu kapan akan kembali ke Indonesia untuk menjemput istrinya.

”Setelah diperbolehkan pulang nanti, istri saya akan tinggal di Malang lebih dulu. Di sana ada kerabat. Kalau kondisinya benar-benar sudah kuat, baru saya jemput,” jelas Sudaryomo.

Sebagai wakil Pemerintah Indonesia di Brasil, Sudaryomo Hartosudarmo sesungguhnya punya banyak fasilitas nomor satu. Termasuk bila harus mengobatkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News