Tarif KA Ekonomi Naik Lagi, Ini Daftarnya

Tarif KA Ekonomi Naik Lagi, Ini Daftarnya
Tarif KA Ekonomi Naik Lagi, Ini Daftarnya

jpnn.com - JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai 1 Januari 2015 akan memberlakukan tarif KA ekonomi jarak jauh dan jarak sedang pada harga keekonomiannya. Hal itu diterapkan seiring dengan pencabutan subsidi atau Public Service Obligation (PSO) oleh pemerintah

Kebijakan itu merupakan imbas dari pengalihan subsidi dari KA ekonomi jarak jauh dan jarak sedang ke KA lokal dan commuter.

Direktur Komersial KAI, Bambang Eko Martono mengatakan, tiket KA non PSO dapat mulai dipesan mulai 2 Oktober 2014 pukul 00.00 WIB untuk jadwal keberangkatan pada 1 Januari 2015. "Sudah bisa dipesan mulai 2 Oktober nanti," tutur Bambang di Gedung Jakarta Railway Center Juanda, Selasa (30/9).  

"Misalnya rute dari Kertajaya I, Surabaya Pasar Turi-Tanjung Priok, dulu harganya masih di PSO Rp 50 ribu per orang menjadi Rp 135 ribu," jelas Bambang.

Sementara, KA jarak jauh dengan tujuan dari Tanjung Priok-Purwosari menjadi Rp 105 ribu, dari harga Rp 50 ribu per orang. Sedangkan tiket dari Malang-Pasar Senen bakal naik dari Rp 65 ribu menjadi Rp 150 ribu per orang.

Untuk harga tiket KA jarak sedang Tawangjaya I, Bambang mencontohkan, dari harga Rp 45 ribu per orang menjadi Rp 80 ribu per orang.

Namun Bambang menolak bahwa pihaknya dikatakan menaikkan tarif kereta setelah PSO dialihkan. "Bukan KAI naikkan tarif, tapi karena pemerintah mengalihkan subsidinya ke KA lokal dan commuter," tandasnya. (chi/jpnn)

Daftar KA yang Mengalami Kenaikan Mulai 1 Januari 2015:

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai 1 Januari 2015 akan memberlakukan tarif KA ekonomi jarak jauh dan jarak sedang pada harga keekonomiannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News