Pemerintahan Jokowi-JK Diprediksi akan Dikerjai di Parlemen

Pemerintahan Jokowi-JK Diprediksi akan Dikerjai di Parlemen
Pemerintahan Jokowi-JK Diprediksi akan Dikerjai di Parlemen

jpnn.com - JAKARTA - Setelah pemilihan pimpinan DPR RI dimenangkan Koalisi Merah Putih (KMP), pimpinan komisi dan alat kelengkapan dewan juga sepertinya bakal diborong KMP. Termasuk pimpinan MPR RI.

Pasalnya, mekanisme pemilihan pimpinan MPR, pimpinan komisi dan alat kelengkapan dewan sama dengan pemilihan pimpinan DPR, yang diatur dalam UU MD3. Yakni, para pemangku jabatan di parlemen akan dipilih langsung oleh anggota DPR, atau lewat paket minimal lima fraksi.

Pakar hukum tata negara, Margarito Kamis, mengatakan, kalau sampai ini terjadi, pemerintahan Jokowi-JK bisa 'dikerjai' di parlemen. "Saya tidak bisa membayangkan. Luar biasa nanti gelombang dan tantangan yang akan dihadapi pemerintah dan menteri Jokowi di parlemen," katanya, Kamis (2/10).

Dinihari tadi, KMP memenangkan pertarungan politik dengan mengusung paket pimpinan DPR, dengan formasi ketua Setya Novanto dari Golkar, dan empat wakil ketua; Fadli Zon dari Gerindra, Agus Hermanto dari Demokrat, Taufik Kurniawan dari PAN dan Fahri Hamzah dari PKS. Sementara 4 fraksi, PKB, Hanura, PDIP dan Nasdem memilih walk out. (rmo/jpnn)


JAKARTA - Setelah pemilihan pimpinan DPR RI dimenangkan Koalisi Merah Putih (KMP), pimpinan komisi dan alat kelengkapan dewan juga sepertinya bakal


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News