Rapat Kabinet Terakhir, Mata SBY Berkaca-kaca

Rapat Kabinet Terakhir, Mata SBY Berkaca-kaca
Rapat Kabinet Terakhir, Mata SBY Berkaca-kaca

jpnn.com - JAKARTA--Suasana rapat kabinet paripurna Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Wapres Boediono, Kamis (16/10), terasa berbeda.

Sidang kabinet terakhir bersama seluruh jajaran Kabinet Indonesia Bersatu II ini penuh keharuan. Terutama ketika Presiden akhirnya mengucapkan terimakasih kepara para menteri.

"Saya ucapkan terimakasih kepada saudara semuanya. Saya juga minta maaf selaku Presiden dan kepala pemerintahan, jika ada yang belum dapat saya lakukan sebagaimana yang saudara harapkan. Barangkali ada sikap dan perilaku saya yang tidak berkenan saya minta maaf. Tidak ada niatan saya membuat saudara tidak nyaman. Semua itu karena untuk tugas pokok," lirih Presiden dengan mata berkaca-kaca dalam rapat di Gedung Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis, (16/10).

Presiden menyatakan para menteri jangan berkecil hati jika ada pekerjaan mereka di pemerintahan yang belum terselesaikan. Ia yakin semua telah berusaha keras menjalankan tugas di pemerintahan.

"Kita tidak perlu menyesali apa yang belum kita lakukan. Karena saya yakin kita sudah melakukan yang terbaik. Tetapi memang keadaan sangat kompleks. Silahkan kalau saudara-saudara ingin menbuat memoar untuk anak cucu ke depan," sambung Presiden.

Presiden juga memberi selamat pada para menterinya jika ada yang masih ingin melanjutkan karya di pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Selain itu, ia meminta kemudian kelak para menteri tetap bertegur sapa dan menjalin hubungan baik dengannya.

"Bagi saudara yang masih berada di pemerintahan Jokowi saya ucapkan selamat. Bantulah beliau, bukan tantangan yang akan ringan bahkan saya lihat dampak situasi politik untuk jangka waktu tertentu masih dirasakan. Untuk itu perlu ada wisdom dan upaya yang baik untuk menyatukan elemen-elemen yang berjarak satu sama lain," lanjut Presiden.

Ia berharap semua penyelenggara negara menjaga persatuan, kerukunan dan toleransi bersama masyarakat.

JAKARTA--Suasana rapat kabinet paripurna Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Wapres Boediono, Kamis (16/10), terasa berbeda. Sidang kabinet

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News