Seberapa Amankah Paracetamol bagi Anak-Anak?

Seberapa Amankah Paracetamol bagi Anak-Anak?
Seberapa Amankah Paracetamol bagi Anak-Anak?

Banyak orangtua seringkali memberikan parasetamol kepada anak-anak mereka yang sedang sakit, namun ternyata overdosis parasetamol adalah penyebab utama penyakit gagal hati pada anak-anak. 

Jadi seberapa aman obat yang umum digunakan ini dan kapan seharusnya kita memberikannya kepada anak-anak?.

Jika anda memiliki anak-anak kecil, kemungkinan besar anda menyimpan parasetamol di kotak obat anda dan menggunakannya untuk mengobati berbagai penyakit yang mereka derita.

Nyatanya, ada beberapa orang tua yang tak akan menggunakan obat umum ini untuk menurunkan demam anak atau meringankan ketidaknyamanan nyeri pada gigi tumbuh, pilek dan flu, atau sakit telinga.

Seberapa Amankah Paracetamol bagi Anak-Anak?

Sementara parasetamol adalah obat yang sangat aman bila diberikan dengan benar, namun jika anak-anak diberi terlalu banyak, obat ini bisa berbahaya dan bisa saja menyebabkan kematian.

Sebuah studi baru menemukan, parasetamol menjadi penyebab utama gagal hati pada anak-anak di Australia dan Selandia Baru. Para peneliti mengidentifikasi 54 kasus gagal hati di dua rumah sakit anak antara tahun 2002 hingga 2012, 14 dari kasus ini berkaitan dengan overdosis parasetamol, dan 12 di antaranya  menimpa anak-anak di bawah usia lima tahun. Sementara jumlah kasus anak yang mengalami kerusakan hati masih rendah, para peneliti medesak adanya penelaahan terhadap praktik keselamatan dalam penggunaan parasetamol.

Professor Madlen Gazarian, seorang konsultan di Klinik Farmakologi dan Terapetik Klinis Pediatri dan Professor Kehormatan di Universitas NSW, secara ekstensif telah meneliti penggunaan obat-obatan yang aman dan tepat bagi anak-anak, termasuk penggunaan parasetamol.

Banyak orangtua seringkali memberikan parasetamol kepada anak-anak mereka yang sedang sakit, namun ternyata overdosis parasetamol adalah penyebab

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News