Gelar Rakernas, PDIP Matangkan Cawapres Mega

Gelar Rakernas, PDIP Matangkan Cawapres Mega
Gelar Rakernas, PDIP Matangkan Cawapres Mega
JAKARTA – Anggota DPR dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Muarar Sirait memperkirakan hanya ada sekitar tujuh bakal calon presiden (capres) yang memiliki peluang untuk maju di pemilu presiden 2009 mendatang. Ketujuh kandidat dimaksud Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Megawati Soekarnoputri, Sri Sultan Hamengkubuwono, Wiranto, Prabowo Subiyanto, Hidayat Nur Wahid, dan Jusuf Kalla (JK).

Namun untuk PDIP, kata Ketua DPP PDIP Mauarar Sirait, faktor yang paling mempengaruhi dalam menentukan menduduki kursi RI 1 itu adalah, calon wakil presiden (cawapres). Karena posisi itu saat ini sangat strategis menambah suara. “Karena posisi cawapres sangat strategis dalam pemilu, maka PDI-P akan menetapkannya melalui mekanisme Rapat Kerja Nasional partai akhir Januari 2009 di Solo,” kata Muarar di Jakarta, Selasa (20/1).

Dijelaskan Ara, sapaan akrabnya, sejumlah nama sudah masuk inventarisir calon pendamping Megawati. Mereka adalah Gubernur Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X, mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera, Hidayat Nur Wahid, Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat, Wiranto, Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Golongan Karya, Jusuf Kalla. Karena, kekuatan mereka itu berimbang untuk di Pulau Jawa.

“Sultan adalah tokoh senior Partai Golongan Karya yang memiliki basis massa. Tapi masalahnya, apakah Golkar sebagai institusi politik akan mendukung dia?” tanya Ara.

JAKARTA – Anggota DPR dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Muarar Sirait memperkirakan hanya ada sekitar tujuh bakal calon presiden

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News