KontraS NIlai Kasus JIS Penuh Rekayasa

KontraS NIlai Kasus JIS Penuh Rekayasa
KontraS NIlai Kasus JIS Penuh Rekayasa

jpnn.com - JAKARTA - Penanganan kasus dugaan kekerasan seksual di sekolah Jakarta International School (JIS) terus mendapat sorotan.  

Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) Haris Ashar menilai penanganan kasus ini penuh rekayasa.  Penyidik kepolisian dinilainya tidak independen dan memaksakan sebuah kasus dari bukti-bukti yang sangat lemah.

"Kasus JIS kembali mempertontonkan kepada kita bagaimana sebuah rekayasa terjadi. Kematian seorang pekerja kebersihan JIS dengan muka lebam menjadi bukti bahwa tindak kekerasan oleh polisi itu nyata terjadi," ujar Haris dalam media Briefing bertema Tantangan Kinerja Polisi di Pemerintahan Jokowi yang digelar KontraS di Warung Tjikini, Jakarta, Selasa (4/11).

Dikatakan, polisi telah membentuk rangkaian cerita yang tidak berdasarkan alat bukti, dengan melakukan tindak kekerasan dan penyiksaan terhadap pekerja kebersihan JIS agar mengakui kasus kekerasan seksual itu.

Hasil monitoring dan investigasi yang dilakukan KontraS, lanjutnya, banyak fakta-fakta persidangan yang bertolak belakang dengan BAP yang disusun oleh polisi. Misalnya hasil visum rumah sakit dan keterangan sejumlah saksi yang dihadirkan penuntut umum semakin melemahkan cerita polisi.

Para terdakwa juga mengaku bahwa mereka terpaksa mengakui perbuatan versi BAP karena tidak kuat menahan siksaan oleh polisi. Seperti terdakwa  Syahrial yang mengaku mengalami tindakan brutal dan kekerasan dari polisi mulai jam 9 malam sampai jam 3 pagi seusai ditahan pada bulan April lalu. Karena tak kuat menanggung sakit, Syahrial akhirnya menyerah.

Dia pun berharap Presiden Jokowi mencermati kasus ini. "Dengan kondisi polisi saat ini masyarakat semakin takut berhubungan dengan polisi, karena polisinya sendiri menunjukkan ketidaktaatnya pada hukum. Kasus JIS adalah salah satu bukti tindakan polisi yang tidak profesional dan memaksakan sebuah kasus dari fakta yang lemah," tegas Haris.

Dalam kesempatan ini perwakilan orangtua murid JIS Ayu Rahmat menuturkan, sejak awal kasus di JIS ini sangat janggal dan tidak masuk akal. Selain sistem dan kontrol di sekolah sangat ketat, cerita yang dimunculkan dalam BAP pekerja kebersihan itu mustahil terjadi.

JAKARTA - Penanganan kasus dugaan kekerasan seksual di sekolah Jakarta International School (JIS) terus mendapat sorotan.   Komisi untuk Orang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News