Thanksgiving di Banyuwangi untuk Jembatan Antar-Budaya

Thanksgiving di Banyuwangi untuk Jembatan Antar-Budaya
Konsul Jenderal AS di Surabaya Joaquin F. Monseratte dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. FOTO: ist

BANYUWANGI - Perayaan Hari Thanksgiving Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) dipusatkan di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, pada 19-22 November 2014. Hari Thanksgiving sendiri adalah hari untuk mengucapkan rasa syukur dalam tradisi masyarakat AS yang telah berlangsung ribuan tahun. Thanksgiving jatuh setiap Kamis pekan keempat November. Di hari itu, masyarakat berkumpul dengan keluarga dan berbagi makanan tradisional.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, dengan event Thanksgiving yang semuanya dipelopori oleh Kedutaan Besar AS di Indonesia tersebut, diharapkan semakin terjalin kesepahaman global antar-budaya, dalam hal ini Indonesia dan AS. "Terdapat dialog antara Dubes AS dan warga, seniman, budayawan, serta anak muda Banyuwangi. Warga menyampaikan apa persepsi mereka tentang AS. Diharapkan ada upaya saling memahami," ujarnya.

Selain membangun jembatan kebudayaan, dengan acara Thanksgiving diharapkan ada kerja sama yang kian erat dengan AS. Selama ini, sudah ada kerja sama bidang pendidikan antara lain dengan penempatan lima orang pengajar asal AS yang disebar di sejumlah sekolah di Banyuwangi, seperti di Kecamatan Glenmore, Cluring, dan Srono.

Perayaan Thanksgiving di Banyuwangi dihadiri oleh Duta Besar AS untuk Indonesia, Robert O. Blake, Konsul Jenderal AS di Surabaya Joaquin F. Monseratte, dan sejumlah tokoh lain.

BANYUWANGI - Perayaan Hari Thanksgiving Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) dipusatkan di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, pada 19-22 November 2014.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News