Cerita Lisan Penduduk Asli Australia Rekam Perubahan Permukaan Laut

Cerita Lisan Penduduk Asli Australia Rekam Perubahan Permukaan Laut
Cerita Lisan Penduduk Asli Australia Rekam Perubahan Permukaan Laut

Cerita lisan turun-temurun di kalangan penduduk asli Australia menawarkan informasi akurat tentang peristiwa yang merentang hingga 10 ribu tahun silam, termasuk perubahan permukaan laut dan tenggelamnya dataran yang luas.

Demikian dikemukakan Professor Nick Reid dari University of New England, peneliti cerita lisan penduduk asli Australia.

Ia menganalisa versi cerita dari berbagai komunitas dan membandingkannya dengan kronologi ilmiah mengenai naiknya permukaan laut selama 20 ribu tahun terakhir.

"Misalnya kawasan hutan Cairns, menurut penduduk asli, ini dulunya tanah rawa-rawa bukan hutan tropis," katanya kepada ABC.

"Ada penelitian yang menunjukkan bahwa hutan tropis di kawasan itu berusia 7.500 tahun, namun sebelumnya hanya brupa tanah rawa-rawa," tambah Prof. Reid.

Ia menjelaskan, cerita lisan ini juga mengisahkan tentang hewan-hewan ukuran raksasa dan komet di masa lalu.

Menurut Prof. Reid, kisah-kisah yang diceritakan turun-temurun ini menunjukkan kesinambungan budaya penduduk asli selama periode hingga 10 ribu tahun.

"Cerita yang dikisahkan 10 ribu tahun silam dan masih dikisahkan hari ini, merupakan bukti nyata kesinambungan budaya penduduk asli," katanya.


Cerita lisan turun-temurun di kalangan penduduk asli Australia menawarkan informasi akurat tentang peristiwa yang merentang hingga 10 ribu tahun


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News