Sepakbola Inggris, Magnet Wisata yang Menguras Kantong

Sepakbola Inggris, Magnet Wisata yang Menguras Kantong
Seorang suporter tengah menyapa mascot West Ham United. Foto Ahmad Reza Khomaini/INDOPOS/JPNN.com

jpnn.com - INGGRIS tidak bisa dipisahkan dengan sepakbola. Sebagai negara yang mengklaim pendiri sepakbola, warga Inggris begitu bangga terhadap warisan nenek moyang mereka dari abad ke-15 tersebut. 99 persen masyarakatnya menggandrungi sepakbola.

Ratusan klub sepakbola mulai dari Conference Division (Amatir) hingga level profesional Premier League tak pernah sepi dari penonton.

”Saya dan keluarga besar saya adalah pendukung setia Ipswich Town. Sudah puluhan tahun kami mendukung klub tersebut. Klub ini merupakan klub kebesaran kota kami,” ucap Jenny, wanita asal kota Ipswich yang berbincang ringan bersama INDOPOS (Grup JPNN.com) di bandara Bratislava, Slowakia, (6/12).

Sama seperti Jenny, Liga Inggris pun menjadi tontonan menarik bagi publik dunia, termasuk Indonesia. Siaran langsung Liga Inggris di layar kaca paling diburu penonton di tanah air. Bahkan tidak sedikit turis asal Indonesia yang berkunjung ke negeri Ratu Elizabeth untuk menonton langsung pertandingan English Premier League.

”Beberapa tahun terakhir ini, banyak penonton asing yang menyaksikan pertandingan sepakbola di Inggris. Klub-klub besar paling banyak kedatangan turis asing,” ucap Jenny.

”Apakah Anda juga ingin nonton sepakbola?,” tanya wanita paruh baya ini kepada koran ini. Saya pun menjawabnya dengan senyuman. Mayoritas warga Indonesia memang mengidamkan untuk bisa menyaksikan langsung laga liga Inggris. Kunjungan indopos.co.id  ke ibukota Inggris kali ini memang khusus untuk menyaksikan salah satu laga Premier League, yakni West Ham United menjamu Swansea di Stadion Upton Park, London Timur, Minggu (7/12) lalu.

West Ham United, di mata sebagian besar pecinta Premier League di tanah air, merupakan tim mediocare asal kota London. Klub berjuluk The Hammers ini tidak sementereng Chelsea, Arsenal, Manchester City, Liverpool, dan Manchester United. Ini bisa dimaklumi, lantaran prestasi The Hammers yang tak semengkilap klub-klub di atas.

”West Ham itu klub yang memiliki sejarah besar dalam kancah sepakbola Inggris. Tiga pemain West Ham, salah satunya kapten Bobby Moore, berhasil membawa Inggris juara Piala Dunia. Mana (kontribusi) Chelsea dan City? Mereka besar karena investor asing.

INGGRIS tidak bisa dipisahkan dengan sepakbola. Sebagai negara yang mengklaim pendiri sepakbola, warga Inggris begitu bangga terhadap warisan nenek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News