Depresiasi Rupiah Peluang Genjot Ekspor

Depresiasi Rupiah Peluang Genjot Ekspor
Peti kemas di pelabuhan. Foto: Indopos/dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan, Pemerintah terus memantau kondisi pasar SBN di tengah pelemahan rupiah.

"Kami sudah siapkan buyback SBN kalau alami tekanan. Tapi sejauh ini belum diperlukan. Kami juga koordinasi dengan BI untuk bantu beli surat berharga di pasar sekunder. Skema bond stabilization framework juga disiapkan," tuturnya.

Bambang menambahkan, pihaknya juga mendorong BUMN untuk melakukan hedging terhadap transaksi yang bersifat mata uang asing. Hal ini diharapkan bisa mengurangi tekanan pada pasar valas.

Sebetulnya, turunnya daya tukar rupiah tersebut bisa menjadi peluang tersendiri bagi para pelaku usaha. Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil menuturkan tekanan terhadap rupiah bakal menjadi kesempatan sebaik-baiknya bagi eksporter.

"Tapi kita mesti pikirkan kembali manufaktur. Manufaktur harus direvitalisasi karena selama ini cenderung stagnan atau malahan negatif. Sehingga kadang peluang ini tidak bisa dimaksimalkan," ujarnya. (gal)

 


JAKARTA - Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan, Pemerintah terus memantau kondisi pasar SBN di tengah pelemahan rupiah. "Kami sudah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News