Gaji Tukang Sapu Naik 50 Persen

Gaji Tukang Sapu Naik 50 Persen
Gaji Tukang Sapu Naik 50 Persen

jpnn.com - BEKASI - Bukan hanya buruh yang ikut naik gajinya, petugas sapu yang biasa disebut Pesapon juga bakal mendapat kenaikan gaji  50 persen di tahun 2015.

”Saya sudah instruksikan Dinas Kebersihan agar gaji para petugas kebersihan dinaikan 50 persen mulai 2015,”  kata Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi saat bersama Pesapon di Balai Patriot, Sabtu (20/12) kemarin.

Orang nomor satu di Kota Bekasi itu menganggap petugas kebersihan layak mendapat kenaikan honornya 50 persen di awal tahun 2015. Jumlah petugas Pesapon di Kota Bekasi saat ini mencapai 747 petugas. Mereka tersebar di seluruh kecamatan. Dan hampir sebagian besar, tugasnya membersihkan jalan-jalan.

Menurutnya, besaran gaji yang selama ini diterima, sudah tidak sesuai lagi dengan kondisi perekonomian, khususnya pascakenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). ”Sebaiknya Dinas Kebersihan lebih intens memperhatikan kesejahteraan petugas kebersihan mereka,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebersihan Abdilah mengaku sudah memasukan anggaran di APBD 2015 untuk kenaikan gaji  747 petugas kebersihan ditahun 2015,  sebesar 50 persen perorangnya.

”Kita sudah anggarkan naik menjadi Rp1,5 juta per bulannya. Sementara untuk perbedaan gaji antara sopir dengan pesapon nanti di 2016 akan ada perubahan,” katanya.

Untuk seragamnya sendiri kata Abdilah, pihaknya nanti akan memfasilitasi sesuai intruksi Walikota Bekasi Rahmat Effendi.

"Seragam itukan atas bawah lengkap dengan sepatu dan sarung tangan juga, jadi satu set seragam itu Rp350 sampai Rp 400 ribu, jadi kalau dikalikan 747 petugas bisa mencapai Rp3,2 milyar. Jadi kita akan upayakan itu nanti karena dananya cukup besar," tandasnya. (dny)


BEKASI - Bukan hanya buruh yang ikut naik gajinya, petugas sapu yang biasa disebut Pesapon juga bakal mendapat kenaikan gaji  50 persen di tahun


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News