Bus Sekolah Mulai Dioperasikan Februari Nanti

Bus Sekolah Mulai Dioperasikan Februari Nanti
Bus Sekolah Mulai Dioperasikan Februari Nanti. Foto: Ilustrasi/Dokumen JPNN.com

jpnn.com - TARAKAN – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tarakan segera merealisasikan pengadaan bus sekolah. Program ini sempat dipending dua tahun lalu. Namun Februari nanti, Disdik menjanjikan pengoperasian bus sekolah diwujudkan.

Pelaksana tugas Kepala Disdik Tarakan, Rifhanie Hasanie mengatakan, untuk tahap awal dua bus sekolah yang akan dioperasikan. Jika program ini berjalan baik, Disdik akan menambah 20 unit lagi. Di awal pengoperasiannya, pelajar tidak dipungut biaya. Sistem pengangkutannya tanpa penggolongan.

“Jadi siapa pun (pelajar) yang berkumpul di tempat pemberhentian bus, itulah yang diangkut,” kata Rifhanie kepada Radar Tarakan (Grup JPNN.com), Selasa (26/1).

Melalui pengadaan bus sekolah, ia berharap pelajar akan terbiasa menggunakan angkutan umum massal. Diharapkan pula, program ini ikut mendukung upaya mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di Tarakan.

“Jadi semuanya dimulai dari anak sekolah. Jika anak sekolah merasa tenang dan baik, tidak menutup kemungkinan masyarakat pun meninggalkan kendaraan pribadi dan kita bisa meminimalisir kecelakaan,” harapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Tarakan, Suparlan menambahkan, jalur operasi bus sekolah akan ditetapkan dua rute utama, yakni Rute Tarakan Timur dan Rute Tarakan Utara.

Untuk Rute Tarakan Timur, jam keberangkatannya dimulai dari pukul 06.00 hingga 06.27 Wita. Tempat penjemputannya, dimulai dari Terminal Tenguyun, depan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Imbaya (sebelah STB), depan SD Negeri 015, dan depan Jalan Gunung Semeru, terminal di Jalan Gunung amal (sebelum tanjakan Gunung Amal), terminal di depan gereja Gunung Amal, terminal di depan Universitas Borneo Tarakan (UBT) dan berakhir di terminal SMP Negeri 10. Untuk kepulangannya, digunakan rute sebaliknya.

Jika Rute Tarakan Timur memiliki 9 pemberhentian, maka Rute Tarakan Utara lebih banyak, 17 tempat pemberhentian. Jam keberangkatannya dimulai dari pukul 05.45 hingga 06.21 Wita. Dimulai dari terminal SMKN 2, terminal di depan SD Negeri 029, terminal di depan Griya Persemaian, terminal di depan Embung Persemaian, terminal SD Negeri 043, terminal di depan SPBU Simpang Intraca, terminal di depan Jalan Meranti, terminal di depan SD Negeri 050 Juata Kerikil, terminal di depan SD Negeri 049, terminal di depan SMK 3 Juata Laut, dan berhenti di terminal SD Negeri 033 Juata Laut.(*/udn/ndy/jpnn)

TARAKAN – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tarakan segera merealisasikan pengadaan bus sekolah. Program ini sempat dipending dua tahun lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News