Emil Salim Dukung Kisah Bung Hatta Difilmkan

Emil Salim Dukung Kisah Bung Hatta Difilmkan
Prof. Emil Salim. Foto: Istimewa

jpnn.com - JAKARTA - Banyak kalangan memuji film tentang Bung Hatta yang sebentar lagi akan rilis. Termasuk Prof Dr Emil Salim yang terharu, meski baru melihat teater film itu. Emil begitu emosional ketika memberikan kesaksian tentang Mohammad Hatta.

“Empat spirit dari Bung Hatta yang harus dilestarikan dan masih relevan hingga kini adalah kepemimpinan yang patriot, nasionalis, intelektual dan religius,” kata Emil dalam keterangan pers acara Return to the Spirit of Bung Hatta The Netherlands Indonesia’s Heritage, Jakarta, Minggu (1/2).

Emil Salim dalam usia yang ke-84 tahun begitu menggelora ketika berbicara tentang Hatta, sosok yang begitu dihormatinya. Dia berharap teladan salah satu tokoh bangsa ini dapat digambarkan dalam film yang rencananya diproduksi oleh Dante Sinema tersebut.

"Saya mendukung pembuatan film ini untuk mengenang beliau," kata Emil.

Selain Emil Salim, sejarawan Bonnie Triyana juga memberikan kesannya tentang Bung Hatta. Menurut Pemimpin Redaksi Majalah Historia ini, banyak generasi kini yang tidak tahu lagi tentang sosok Hatta.

“Saya pernah melakukan riset sejauh mana anak sekarang mengenal Bung Hatta, dan hasilnya sungguh mengejutkan, mereka tidak tahu banyak tentang Bung Hatta. Bahkan ada yang menyangka Soekarno Hatta adalah satu orang. Jelas ini memprihatinkan,” tutur Bonnie.

Bagi Bonnie, Hatta adalah pemimpin yang autentik. Pemimpin yang punya keselarasan antara ucapan dan perbuatan.

“Hatta adalah sosok lurus dalam sejarah Indonesia. Ini menjadi tantangan bagi pembuat film, membuat film Bung Hatta menjadi menarik, dan bisa mengajak orang menonton film ini. Menjadi media agar bangsa ini mengetahui semangat luhur Hatta,” kata Bonnie.(flo/jpnn)


JAKARTA - Banyak kalangan memuji film tentang Bung Hatta yang sebentar lagi akan rilis. Termasuk Prof Dr Emil Salim yang terharu, meski baru melihat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News