Seputar Senam Bagi Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

Seputar Senam Bagi Ibu Hamil yang Perlu Diketahui
Seputar Senam Bagi Ibu Hamil yang Perlu Diketahui. Foto JPNN.com

jpnn.com - Pada masa kehamilan, ibu harus lebih memperhatikan daya tahan tubuh. Bukan hanya daya tahan tubuh sang ibu hamil, kesehatan calon bayi juga harus mendapatkan perhatian ekstra. Selain pengaturan asupan gizi bagi ibu dan buah hati, olahraga seperti senam hamil sangat diperlukan.

Dokter Unggul Prabowo SpOG, ahli kebidanan dan kandungan Rumah Sakit (RS) Adi Husada, Undaan Wetan, Surabaya, Jawa Timur menjelaskan bahwa senam hamil adalah terapi dengan melakukan gerakan-gerakan yang berfungsi melemaskan otot dalam tubuh serta membuat peredaran darah lancar.

“Senam hamil dapat menjaga kebugaran ibu pada masa kehamilan, selain mampu melancarkan aliran darah, mengurangi stres, dan memperlancar proses persalinan,” paparnya.

Perubahan fisik selama kehamilan tidak seharusnya menghalangi langkah wanita hamil dalam melakukan olahraga sekalipun harus ada beberapa penyesuaian. Senam hamil sangat cocok bagi wanita hamil karena gerakannya ringan dan mudah dilakukan dalam kondisi fisik yang mengalami perubahan tersebut.

Senam membantu ibu hamil mencapai kondisi nyaman dan sehat selama kehamilan. Beberapa manfaat senam hamil adalah memperlancar persalinan normal secara fisik dan menyiapkan mental. Senam juga meningkatkan mood, mengatur pola tidur, serta mengurangi kecemasan dan ketegangan selama kehamilan.

Senam hamil juga akan memperingan gejala-gejala yang timbul selama kehamilan, seperti konstipasi, bengkak pada kaki, varises vena, nyeri punggung, dan cepat lelah. Tubuh juga akan menjadi lebih segar, bugar, dan rileks.

Peredaran darah pun lebih lancar. Senam juga berfungsi untuk mempersiapkan fisik dan mental saat persalinan yang aman dan cepat.

“Banyak bukti kami temukan bahwa wanita hamil yang melakukan senam hamil pada masa kehamilan menjadi lebih siap menghadapi persalinan dan lebih mudah karena mereka terbiasa melatih pernapasan, mengejan, dan posisi saat melahirkan,” terang Unggul.

Pada masa kehamilan, ibu harus lebih memperhatikan daya tahan tubuh. Bukan hanya daya tahan tubuh sang ibu hamil, kesehatan calon bayi juga harus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News