Nilai UN Jadi Standar Penilaian Masuk PTN

Nilai UN Jadi Standar Penilaian Masuk PTN
Ujian Nasional. Foto: Indopos/dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Para siswa menengah atas (SMA) tetap tak boleh menyepelekan ujian nasional (UN). Pasalnya, meski hasil UN tidak lagi menjadi tolok ukur kelulusan, namun itu akan tetap dipakai sebagai standar penilaian perguruan tinggi dalam penerimaan mahasiswa.

"Sesuai kesepakatan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, hasil UN SMA/sederajat akan menjadi bahan pertimbangan untuk menyeleksi calon mahasiswa baru perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN)," kata Sekjen Kemendikbud Ainun Na'im kepada pers di Jakarta, Rabu (25/2).

Dia menyebutkan, UN merupakan gambaran prestasi akademik di mata pelajaran tertentu yang diukur melalui penilaian terstandar secara nasional yang dapat dijadikan salah satu referensi penerimaan mahasiswa.

Dengan hasil UN ini juga memudahkan PTN menyeleksi calon mahasiswa dan memberikan kesempatan yang sama bagi siswa di seluruh Indonesia.

"UN memang bukan untuk penentu kelulusan. Tapi UN juga penting karena dengan UN diharapkan siswa lebih giat belajar dan menuntaskan kompetensinya," tandasnya. (esy/jpnn)

 


JAKARTA--Para siswa menengah atas (SMA) tetap tak boleh menyepelekan ujian nasional (UN). Pasalnya, meski hasil UN tidak lagi menjadi tolok ukur


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News