Ngeri! Batu Sebesar Ini Meluncur dari Tebing, Menutup Jalan

Ngeri! Batu Sebesar Ini Meluncur dari Tebing, Menutup Jalan
Batu besar yang jatuh dari tebing. Foto: Jawa Pos Radar Bromo

jpnn.com - PROBOLINGGO - Sebuah batu besar berdiameter sekitar 1 meter jatuh dari tebing dan menutup sebagian jalan yang menjadi akses utama menuju kawasan Bromo lewat Probolinggo, Sabtu (28/2).

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Namun, material longsor dan keberadaan batu besar itu mengganggu akses ke Bromo sekitar sejam.

Berdasar informasi yang didapat Jawa Pos Radar Bromo, longsor tersebut terjadi setelah sebelumnya hujan deras mengguyur kawasan Sukapura sekitar empat jam.

Hujan turun sejak pukul 10.00 hingga pukul 14.00. Karena curah dan intensitas hujan cukup tinggi, tebing di Jalan Mawar, Desa Sukapura, longsor.

Selain karena guyuran hujan deras, terdapat pembuangan air di lokasi longsor. Akibatnya, ketika hujan turun, lokasi tersebut terkikis aliran air.

Aparat kecamatan pun langsung mendatangi lokasi setelah mendapatkan laporan soal kejadian itu. ’’Kami bersama muspika, BPBD, dan dinas PU Bina Marga lantas mendatangi lokasi untuk melakukan evakuasi,’’ ujar Camat Sukapura Bambang Julius kemarin.

Dengan menggunakan alat berat, batu besar yang memenuhi badan jalan tersebut lantas dibuang ke jurang manten. Sebab, keberadaan batu itu menutupi separo jalan. Evakuasi pun berlangsung lancar. ’’Hanya satu jam. Setelah itu, lalu lintas lancar kembali,’’ kata Bambang.

Ketika evakuasi berlangsung, petugas keamanan mengatur arus kendaraan untuk mencegah kemacetan. Menurut Bambang, curah hujan mungkin masih tinggi di awal tahun ini. Karena itu, dia meminta para pengendara agar berhati-hati saat melintasi jalur menuju kawasan wisata Gunung Bromo.

PROBOLINGGO - Sebuah batu besar berdiameter sekitar 1 meter jatuh dari tebing dan menutup sebagian jalan yang menjadi akses utama menuju kawasan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News