Masih Malas Sikat Gigi? Ini Bahayanya

Masih Malas Sikat Gigi? Ini Bahayanya
yahoo health

jpnn.com - Apakah Anda termasuk orang yang malas menyikat gigi? Kalau iya, sebaiknya Anda segera mengubahnya. Pasalnya, menyikat gigi adalah aktivitas tak tergantikan untuk menghindarkan gigi dari bakteri yang menyebabkan plak dan berlubang.

Dalam sebuah jajak pendapat dari 562 orang di seluruh dunia (termasuk 332 orang Amerika), sebanyak 49 persen pria dan 57 persen wanita mengaku menyikat gigi hanya sekali sehari. Sementara, sekitar 44 persen pria dan 37 persen wanita mengatakan dua kali menyikat gigi setiap harinya.

"Sangat penting untuk menyikat gigi di pagi hari untuk menyingkirkan bakteri serta pada malam hari setelah sehari penuh makan, minum dan mengumpulkan plak. Bakteri yang melekat pada plak menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit gusi dari waktu ke waktu," kata dokter gigi, Lana Rozenberg, DDS, seperti dilansir laman Yahoo Health, Minggu (1/3).

Untuk mencegah plak, karang dan lubang, sikatlah gigi dua kali sehari selama dua menit menggunakan stopwatch atau sikat gigi elektrik dengan built-in timer.

Setelah menyikat sekitar permukaan gigi, pastikan pindah ke bagian di mana bakteri terdapat. Yakni, tepat di garis gusi. Banyak plak dan senyawa tartar yang dapat menyebabkan gusi menjadi bengkak dan terinfeksi.

"Sangat baik juga jika Anda menyikat lidah Anda, karena banyak bakteri bersembunyi di celah-celah lidah dan dapat menyebabkan bau mulut," tegas Rozenberg. (fny/jpnn)


Apakah Anda termasuk orang yang malas menyikat gigi? Kalau iya, sebaiknya Anda segera mengubahnya. Pasalnya, menyikat gigi adalah aktivitas tak tergantikan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News