Meningkat, Janda Muda Menikah Lagi

Meningkat, Janda Muda Menikah Lagi
Meningkat, Janda Muda Menikah Lagi

jpnn.com - BOGOR - Angka pernikahan duda dan janda di Kota Bogor terus meningkat. Pernikahan kedua para janda menempati urutan kedua tertinggi. Berdasarkan data kantor Kementerian Agama Kota Bogor, dari 7.378 pencatatan nikah pada 2014, sebanyak 1.844 merupakan pernikahan janda berusia di atas 30 tahun.

“Pencatatan nikah dengan status duda atau janda ada 25 persen dari jumlah keseluruhan. Kalau yang terbanyak masih didominasi usia 21 sampai 25 tahun,” ujar Kasi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Kementerian Agama Kota Bogor, Sufyan Suri.

Angka tersebut berkaitan langsung dengan tingginya angka penikahan di usia belasan (pernikahan dini). Pada 2014, tercatat sebanyak 369 pasangan menikah muda. Sedangkan pernikahan di usia produktif antara 21-30 tahun sebanyak 5.165 pasangan.

“Banyaknya perceraian di usia 25-30 tahun membuat jumlah janda bertambah. Itu membuat sejumlah pasangan menikah kembali di usia 30 tahunan. Baik pria maupun wanita,” bebernya.

Sepanjang 2014, angka pernikahan paling banyak tercatat di Kecamatan Bogor Barat. Ada 1.669 pencatatan nikah. Sementara Bogor Selatan menempati urutan kedua dengan 1.606 pencatatan nikah. Untuk Kecamatan Tanah Sareal sebanyak 1.473 pencatatan nikah. Di Bogor Utara sebanyak 1.264 pencatatan nikah, dan Bogor Timur 670 pencatatan.

“Di Bogor Tengah, ada 696 pencatatan nikah. Kalau untuk musim nikah, bulan Oktober biasanya tembus 1.061 pencatatan nikah,” tandasnya.(all/jpnn)


BOGOR - Angka pernikahan duda dan janda di Kota Bogor terus meningkat. Pernikahan kedua para janda menempati urutan kedua tertinggi. Berdasarkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News