Mewujudkan Indonesia Menuju Poros Dunia, KKP Susun Tata Ruang Laut Nasional

Mewujudkan Indonesia Menuju Poros Dunia, KKP Susun Tata Ruang Laut Nasional
Mewujudkan Indonesia Menuju Poros Dunia, KKP Susun Tata Ruang Laut Nasional

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggali masukan dari berbagai pihak dalam membangun Indonesia menuju poros maritim dunia lewat sebuah  workshop nasional bertema 'Membangun Poros Maritim Dunia dalam Perspektif Tata Ruang Laut Nasional'. 

Workshop yang dihadiri sebanyak 300 peserta dan tidak hanya dari lingkup KKP saja, namun juga ada beberapa pemerintah daerah, akademisi dan pemangku kepentingan terkait.

Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti mengatakan, saat ini pemerintah tengah melakukan pemetaan wilayah laut nasional dengan menyusun Rencana Tata Ruang Laut Nasional (RTRLN).

"Konsep pengembangan wilayah kelautan Indonesia yang menyeluruh dan terpadu memuat pusat-pusat pertumbuhan ekonomi kelautan. RTRLN merupakan amanat dari pasal 43 ayat 1 Undang-undang Nomor 32 Tahun 2014 tentang kelautan," ujar Susi di kantornya, Jakarta, Selasa (28/4).

Selain itu, sambung Susi, RTRLN diperlukan untuk membantu memuluskan kebijakan dan strategi pembangunan kelautan, keterpaduan serta pertahanan kawasan Indonesia.

"Ini sangat penting bagi Indonesia dalam rangka mendukung terwujudnya visi pembangunan kelautan dan perikanan yang mendukung tiga esensi yaitu kedaulatan, keberlanjutan, dan kesejahteraan," tandas bos maskapai Susi Air ini. (chi/jpnn)


JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggali masukan dari berbagai pihak dalam membangun Indonesia menuju poros maritim dunia


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News