Komisi II Ancam Persoalkan KPU

Komisi II Ancam Persoalkan KPU
Komisi II Ancam Persoalkan KPU

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Komisi II DPR, Rambe Kamarulzaman mengancam akan mempersoalkan jajaran pimpinan Komisi Pemilihan Umum (KPU) bila tidak mengindahkan rekomendasi panitia kerja (Panja) pemilihan kepala daerah terkait Rancangan Peraturan KPU tentang pencalonan.

Ini dikatakan Rambe, karena pekan depan (tanggal 4 atau 5 Mei) pihaknya akan mengundang KPU dan Kementerian Dalam Negeri guna mempertanyakan apakah rekomendasi Panja masuk dalam RPKPU atau tidak.

"Kalau tidak (masuk) kita persoalkan KPU-nya nanti. Apa keberatan dia, engga jelas. Takut sama siapa sih," kata Rambe di Jakarta, Jumat (1/5).

Ini terkait dengan 3 rekomendasi Panja Pilkada untuk KPU dalam menyusun RPKPU tentang pencalonan kepala daerah, terutama mengenai status kepengurusan parpol bersengketa dalam mengusung calon.

Panja Pilkada merekomendasikan agar KPU menggunakan pengurus partai yang telah berkeputusan tetap/inkrah di pengadilan, kalau itu tidak bisa jelang pendaftaran calon pilkada, maka rujukannya putusan pengadilan yang terakhir.

"Kalau belum inkracht belum islah gimana. Apa bisa dijawab tidak ikut (pilkada). Tidak bisa dong, jalan tengah harus ada. Itu tidak bertentangan dengan Undang-undang. Ngapain takut," tegasnya. (fat/jpnn)


JAKARTA - Ketua Komisi II DPR, Rambe Kamarulzaman mengancam akan mempersoalkan jajaran pimpinan Komisi Pemilihan Umum (KPU) bila tidak mengindahkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News