Begini Cara Kerja Pengobatatan Medis Stemcell

Begini Cara Kerja Pengobatatan Medis Stemcell
Begini Cara Kerja Pengobatatan Medis Stemcell. Foto Radar Surabaya/JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com SURABAYA - Kepala Bidang Pelayanan Medik RSUD dr Soetomo Dr Joni Wahyuhadi dr SpBS mengatakan cara kerja metode ini adalah pacu pertumbuhan sel induk untuk tumbuh lebih banyak dan lebih cepat. Sehingga, hal itu membantu penyembuhan suatu penyakit.

Metode ini terdiri atas dua jenis, yaitu,  stemcell endogen dan stemcell eksogen.

“Metode stemcell endogen dilakukan dengan memacu sel induk di dalam tubuh, agar tumbuh lebih banyak dan cepat. Hal itu dilaukan melalui pemberian zat tertentu. Seperti, colony stimulating growth factor,” kata Joni seperti yang dilansir Radar Surabaya (Grup JPNN.com), Sabtu (2/5).

Sedangkan, metode eksogen dilakukan dengan memberikan atau mentransplantasikan sel induk yang sudah jadi (hasil dari pembiakan secara eksternal dari sel induk yang diambil dari sumsum tulang atau lemak perut), ke tempat atau bagian yang mengalami kerusakan.

Karena sifatnya memperbaiki, semua penyakit dapat disembuhkan melalui metode ini. Karena masih dalam tahap penelitian dan pengembangan atau fase transaksional, metode ini belum menjadi satu di antara standar pengobatan medis.

“Sejak mulai dikembangkan pada 2011 hingga sekarang, sekitar 300 pasien mengikuti uji coba pemanfaatan metode ini. Sejauh ini, hasilnya positif. Tapi, metode ini belum bisa dianggap berhasil dan diterapkan dalam pengobatan medis. Sebab, waktu lama dibutuhkan untuk pembuktian hasilnya,” papar Joni.

Karena itu, pembangunan pusat penelitian, metode tersebut diharapkan nanti dapat menjadi satu kemajuan dalam dunia kedokteran dan alternatif pengobatan masa depan.

Selain itu, kegiatan edukasi dan sosialisasi kepada para dokter dan masyarakat luas terkait metode stemcell  juga terus dilakukan.

JPNN.com SURABAYA - Kepala Bidang Pelayanan Medik RSUD dr Soetomo Dr Joni Wahyuhadi dr SpBS mengatakan cara kerja metode ini adalah pacu pertumbuhan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News