DPR Dorong Sinabung Segera Ditetapkan sebagai Bencana Nasional

DPR Dorong Sinabung Segera Ditetapkan sebagai Bencana Nasional
DPR Dorong Sinabung Segera Ditetapkan sebagai Bencana Nasional. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - MEDAN - Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah meminta pemerintah segera menetapkan erupsi Gunung Sinabung sebagai bencana nasional. Dengan status bencana nasional, menurut Fahri, pemerintah leluasa mengabulkan proposal rekonstruksi Sinabung yang diajukan oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara.

"Melihat dampak erupsi Sinabung yang masih berlangsung hingga saat ini, sudah saatnya pemerintah menetapkannya sebagai bencana nasional," kata Fahri Hamzah di Medan, Minggu (3/5).

Kalaupun pemerintah tidak menetapkan sebagai bencana nasional, lanjutnya, maka proposal yang diajukan harus segera ditindaklanjuti.

"Dengan demikian, pemerintah pusat harus memberikan dukungan anggaran secara penuh. DPR juga akan mendengar dari Pemkab dan Pemprov, seperti apa proposal mereka," tegasnya.

Menurut politikus PKS ini, Pemda tentu tidak bisa menanggung semua anggaran bencana di daerahnya sendirian. Oleh karenanya, bila pemerintah tidak menetapkannya sebagai bencana nasional, maka anggarannya harus diambilkan melalui APBN.

"Selama ini, penanganan bencana tidak pernah tuntas. Selain itu, penanganan juga berlangsung secara sektoral," sesalnya.(fas/jpnn)


MEDAN - Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah meminta pemerintah segera menetapkan erupsi Gunung Sinabung sebagai bencana nasional. Dengan status bencana


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News