Penelitian Manfaat Susu Bagi Kesehatan Perlu Dilakukan Dalam Skala Besar

Penelitian Manfaat Susu Bagi Kesehatan Perlu Dilakukan Dalam Skala Besar
Penelitian Manfaat Susu Bagi Kesehatan Perlu Dilakukan Dalam Skala Besar

Anda tentu pernah mendengar hubungan antara kesehatan tulang dan kebiasaan mengkonsumsi susu. Tetapi dari sejumlah penelitian, keduanya memiliki hubungan yang sangat kompleks dan belum diketahui secara pasti apa manfaatnya.

Sejak kecil kita dianjurkan untuk meminum susu, bahkan slogan pola makanan sehat di Indonesia, yang dulu dikenal dengan 'Empat Sehat, Lima Sempurna' pun dilengkapi dengan mengkonsumsi susu.

Meminum susu sapi dianggap baik bagi kesehatan, terutama untuk tulang.

Meskipun kelihatannya cukup sederhana, pesan ini menjadi kontroversial, karena seberapa besar peranan susu untuk benar-benar melindungi tulang Anda?

Ada yang berpendapat bahwa minum susu akan membantu mencegah osteoporosis, penyakit yang melemahkan tulang, terutama di usia tua.

Di sisi lain ada pula yang beranggapan bahwa susu dan produk susu lainnya tidak memiliki kemampuan mengurangi risiko pelemahan tulang, dan bahkan dapat membahayakan kesehatan Anda.

Jadi siapa yang benar? Sebuah artikel pernah dimuat oleh ABC pada Desember 2014 lalu untuk melihat pendapat keduanya.

Sebuah studi dari Swedia yang dilakukan pada tahun 2014 mengawali kembalinya perdebatan bahwa asupan susu tinggi dikaitkan tidak hanya dengan peningkatan risiko pelemahan tulang, tapi juga tingkat kematian yang tinggi.

Anda tentu pernah mendengar hubungan antara kesehatan tulang dan kebiasaan mengkonsumsi susu. Tetapi dari sejumlah penelitian, keduanya memiliki

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News