Gunung Slamet Belum Stabil, Ini Pesan Mbah Rono

Gunung Slamet Belum Stabil, Ini Pesan Mbah Rono
Gunung Slamet Belum Stabil, Ini Pesan Mbah Rono

jpnn.com - PURBALINGGA - Aktivitas Gunung Slamet di Jawa Tengah hingga saat ini masih berstatus waspada. Sebab, gunung api di bagian barat Jawa Tengah itu masih bergejolak.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Geologi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Surono kepada Radar Banyumas. Pria kelahiran Cilacap  itu meminta kepada warga di lereng Gunung Slamet untuk tetap waspada.

"Meskipun aktivitas berjalan normal, namun warga juga tetap diminta waspada. Yang pasti larangan mendaki hingga ke puncak belum dicabut," kata pria yang lahir di Cilacap pada 8 Juli 1955 itu.

Sejauh ini status gunung tertinggi di Jawa Tengah itu masih pada level  waspada. Surono menjelaskan, berdasarkan data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), aktivitas vulkanik Gunung Slamet belum stabil dan gempa hembusan masih terus berlangsung.

"Gunung Slamet merupakan gunung berapi aktif dan saat ini berstatus waspada. Jadi gempa hembusan tetap terjadi," katanya.

Tercatat ada aktivitas kegempaan pada tanggal 31 Mei pukul 06.00 hingga 1 Juni pukul 06.00. Terekam pula satu kali gempa tektonik jauh dan 829 kali gempa hembusan.(jpnn)


PURBALINGGA - Aktivitas Gunung Slamet di Jawa Tengah hingga saat ini masih berstatus waspada. Sebab, gunung api di bagian barat Jawa Tengah itu masih


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News