Jangan Sampai Gunakan Makeup Kedaluwarsa, Ini Bahayanya

Jangan Sampai Gunakan Makeup Kedaluwarsa, Ini Bahayanya
afp

jpnn.com - LONDON- Perempuan terkadang tidak memperhatikan kapan kali pertama menggunakan sebuah make up. Padahal, itu adalah kunci untuk mengetahui kedaluwarsa make up yang dipakainya.

Tidak sedikit wanita yang nekat tetap menggunakan kosmetik yang dimiliki walaupun telah lewat tanggal kedaluwarsa. Tapi, hal itu sebenarnya tak boleh dilakukan.

Kosmetik yang kedaluwarsa bisa jadi kandungannya telah berubah menjadi bersifat toxic alias beracun. Produk makeup mengandung sejumlah bahan pengawet untuk menjaganya stetap aman digunakan.

Pengawet ini mungkin tidak lagi bekerja setelah masuk tanggal kedaluwarsa. Hal itu menempatkan Anda pada risiko yang berbahaya. Lalu, apa yang terjadi pada kulit Anda ketika Anda menggunakan expired makeup?

Anda bisa saja terkena peradangan. Ketika molekul di makeup pecah dan Anda tetap nekat menerapkannya pada kulit, hal ini bisa menyebabkan peradangan yang dikenal sebagai dermatitis kontak.

Reaksi ini bisa menyebabkan sejumlah masalah. Di antaranya ialah kemerahan, benjolan, ruam, lecet dan bengkak. Anda juga bisa mengalami jerawat dan infeksi. Makeup kedaluwarsa cenderung menarik banyak bakteri. (healthmeup/fny/jpnn)


LONDON- Perempuan terkadang tidak memperhatikan kapan kali pertama menggunakan sebuah make up. Padahal, itu adalah kunci untuk mengetahui kedaluwarsa


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News