Ini Kenangan Jokowi Tentang Sosok Taufiq Kiemas

Ini Kenangan Jokowi Tentang Sosok Taufiq Kiemas
Ini Kenangan Jokowi Tentang Sosok Taufiq Kiemas

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo alias Jokowi menghadiri acara peringatan ‎dua tahun wafatnya mantan Ketua MPR Taufiq Kiemas di rumah Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta, Senin (8/6). Dalam sambutannya, Jokowi menyatakan, Taufiq merupakan sosok yang sangat memperhatikan anak muda.

"Telah dua tahun bapak Taufiq Kiemas meninggalkan kita semua. Saya sangat ingat betul beliau adalah seseorang yang sangat-sangat memerhatikan anak-anak muda," kata Jokowi.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu menuturkan, Taufiq gemar membuka ruang diskusi kepada anak-anak muda utamanya berkaitan dengan masalah kebangsaan, kebhinekaan, dan empat pilar kebangsaan.  Bahkan Taufiq sangat getol menyuarakan empat pilar kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika itu.

"Empat pilar itu selalu disampaikan ketika ketemu di manapun. Pas ketemu larinya empat pilar," ucap Jokowi.

Selain itu Jokowi juga menyebut Taufiq merupakan figur yang bisa m‎erangkul semua orang. "Beliau (Taufiq, red) saya kira jembatan bagi kita semua sehingga kita merasa dalam satu rumah yaitu Indonesia," tandas Jokowi.

Selain Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla juga menghadiri acara haul itu. JK -sapaan Jusuf Kalla- tiba di rumah Megawati setelah sebelumnya menghadiri pembukaan Ijtima Ulama Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia se-Indonesia ke-5 di Pondok Pesantren Attauhidiyah, Tegal, Jawa Tengah.

Namun, JK tidak memberikan komentar‎ apapun. Begitu tiba, mantan ketua umum Golkar itu disambut Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dan langsung masuk ke rumah Mega.

Selain JK, ada sejumlah menteri di era pemerintahan Joko Widodo yang hadi‎r di dalam acara tersebut. Salah satu yang hadir adalah Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Kemudian hadir juga Ketua MPR Zulkifli Hasan.

JAKARTA - Presiden Joko Widodo alias Jokowi menghadiri acara peringatan ‎dua tahun wafatnya mantan Ketua MPR Taufiq Kiemas di rumah Megawati

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News