3 Renungan Soal Takwa

3 Renungan Soal Takwa
3 Renungan Soal Takwa. Foto Radar Surabaya/JPNN.com

jpnn.com - TAKWA menjadi tema penting di bulan mulia ini, di samping puasa. Allah menyebut bahwa takwa sebagai tujuan ibadah puasa.

Bahkan, menurut hemat saya, tujuan semua ibadah secara umum adalah takwa. Begitu pentingkah takwa itu, sehingga menjadi pembicaraan sentral dalam agama Islam?

Ya, karena semua orang membutuhkannya. Baik dari dirinya sendiri maupun orang lain. Istri membutuhkan takwa suaminya dan sebaliknya. Konsumen butuh takwanya produsen dan sebaliknya.

Orang tua membutuhkan takwanya anak dan sebaliknya. Rakyat butuh takwanya penguasa dan sebaliknya. Orang miskin butuh ketakwaan yang kaya dan sebaliknya.

Dapat dikatakan bahwa tidak ada satu pun manusia atau masyarakat, kecuali selalu rindu kehadiran takwa.

Tujuannya agar semua urusan dan tujuan dapat dilaksanakan serta dicapai dengan baik. Karena itu, di dalam Islam, takwa itu dikupas luas dan mendalam.

Allah menyebut, takwa adalah status termulia di hadapanNya. Allah juga menyatakan bahwa takwa itu pakaian.

Artinya, sesuatu yang harusnya menempel lekat pada diri setiap orang. Allah juga menyatakan, takwa adalah kecerdasan membedakan (furqon) dan solusi.

TAKWA menjadi tema penting di bulan mulia ini, di samping puasa. Allah menyebut bahwa takwa sebagai tujuan ibadah puasa. Bahkan, menurut hemat saya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News