Tekan Angka Kecelakaan, Pemkab Kebumen Jemput Pemudik Bermotor

Tekan Angka Kecelakaan, Pemkab Kebumen Jemput Pemudik Bermotor
Tekan Angka Kecelakaan, Pemkab Kebumen Jemput Pemudik Bermotor

jpnn.com - KEBUMEN – Musim mudik Lebaran biasanya dibarengi dengan meningkatnya angka kecelakaan. Terlebih jutaan warga memilih mudik dengan menggunakan sepeda motor.

Nah, Pemerintah Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah ini punya cara tersendiri untuk mengurangi potensi kecelakaan bagi warganya yang hendak mudik. Salah satunya adalah menyediakan angkutan gratis bagi pemudik yang jendak membawa sepeda motor dari Jakarta menuju Kebumen.

Pemkab Kebumen akan menyediakan truk mengangkut sepeda motor. Kali ini, Pemkab Kebumen menyediakan kuota 300 motor, atau meningkat 50 persen dibandingkan tahun lalu.

Sedangkan pemudik yang akan membawa sepeda motor bakal diangkut secara terpisah dengan bus. Layanan itu juga gratis.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Kebumen,  Marsijanto mengatakan, kegiatan angkutan gratis ini dilakukan sebagai bagian dari perhatian pemerintah terhadap keselamatan transportasi. Pasalnya, pada masa arus mudik dan balik lebaran banyak terjadi kecelakaan yang melibatkan sepeda motor.

“Kegiatan ini juga dalam rangka mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan,” katanya seperti dikutip Radar Banyumas.

Program itu juga bertujuan membantu warga Kabupaten Kebumen di perantauan yang ingin mudik guna berlebaran di kampung halaman namun tak memiliki biaya untuk ongkos pulang kampung. “Program mudik gratis ini dalam rangka membantu menyediakan angkutan lebaran bagi masyarakat yang kurang mampu dan kesulitan mendapatkan tiket pulang kampung,” ujarnya.

Marsijanto menjelaskan, bantuan bus mudik gratis sebagai tindak lanjut kebijakan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Yakni agar setiap pemerintah kabupaten/kota di Jateng menjemput warga di Jakarta yang hendak pulang kampung untuk berlebaran.

KEBUMEN – Musim mudik Lebaran biasanya dibarengi dengan meningkatnya angka kecelakaan. Terlebih jutaan warga memilih mudik dengan menggunakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News