Tiga Menteri Ini Dinilai Konsisten Implementasikan Gagasan Jokowi

Tiga Menteri Ini Dinilai Konsisten Implementasikan Gagasan Jokowi
Yuddy Chrisnandi. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Yuddy Chrisnandi, Tjahjo Kumolo, dan Susi Pujiastuti merupakan menteri di Kabinet Kerja yang paling konsisten mengimplementasikan gagasan besar Presiden Jokowi.

Sementara Imam Nahrawi dan Yasonna Laoly merupakan menteri yang paling banyak membuat kegaduhan di publik. Demikian salah satu kesimpulan dari hasil riset dan kajian akademik Lembaga Klimatalogi Politik (LKP) yang dirilis di Jakarta, Kamis (2/7).

"Berdasarkan kajian akademik LKP yang dilakukan dengan menggunakan metode media analysis dan pengamatan secara mendalam (in-depth observation), Yuddy Chrisnandi, Tjahjo Kumolo, dan Susi Pujiastuti paling memahami NawaCita dan Trisakti di antara 34 menteri Kabinet Kerja," kata CEO LKP Usman Rachman.

Pengertian “konsisten” dalam kontek ini adalah mengerti dengan benar apa yang tersirat dan tersurat dalam NawaCita dan Trisakti, sekaligus memiliki tekad  keseriusan yang tinggi untuk menyosialisasikan dan mengimplementasikan gagasan besar Jokowi tersebut.

"Dari analisis media dan pengamatan mendalam yang dilakukan tim peneliti LKP sejak November 2014, Yuddy, Tjahjo dan Susi terlihat paling konsisten menjabarkan NawaCita dan Trisakti, baik melalui berbagai statements yang dilansir di media maupun melalui sosialisasi program kementerian mereka masing-masing," bebernya.

Dia menyontohkan Yuddy Chrisnandi, selama delapan bulan menjabat MenPAN-RB, selalu aktif mengimplementasi gerakan revolusi mental di kalangan jutaan aparatur negara di seluruh Tanah Air. Selain itu, Yuddy juga tidak pernah lelah membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis dan terpercaya.

Yuddy juga sangat aktif dalam mendorong perwujudan ekonomi mandiri, melakukan reformasi sistem dan penegakan hukum, meningkatan produktivitas dan kualitas hidup rakyat, dan beberapa program lainnya.

Tjahjo Kumolo dan Susi Pujiastuti, menurut kajian LKP, juga selalu melandaskan apa yang dilakukan kementeriannya pada jalur NawaCita dan Trisakti. Meskipun dengan gayanya yang kalem, Tjahjo selalu konsisten dan punya kemauan keras melaksanakan ide-ide besar Jokowi.

JAKARTA--Yuddy Chrisnandi, Tjahjo Kumolo, dan Susi Pujiastuti merupakan menteri di Kabinet Kerja yang paling konsisten mengimplementasikan gagasan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News