Rudal Korut Terarah ke Jepang

Rudal Korut Terarah ke Jepang
Rudal Korut Terarah ke Jepang
SEOUL - Korea Utara (Korut) segera meluncurkan rudal balistik tercanggihnya yang memiliki daya jangkau terjauh. Konon, generasi kedua rudal Taepodong itu bakal diujitembakkan dari bekas situs peluncuran rudal balistik Korut sebelumnya. Beberapa media melaporkan, rudal canggih tersebut diarahkan ke Jepang.

Surat kabar Korea Selatan (Korsel) Chosun Ilbo melaporkan bahwa bagian rudal Taepodong-2 itu sudah mulai dipindahkan ke pesisir pantai sebelah timur. ''Lokasi tersebut sengaja dipilih sebagai tempat peluncuran rudal karena Korut akan mengarahkan rudalnya ke Jepang dan Amerika Serikat (AS),'' ujar sumber di pemerintahan Korsel yang tidak bersedia menyebutkan namanya.

Namun, Kantor Berita Korsel Yonhap mengabarkan, lokasi peluncuran rudal belum tentu pesisir pantai sebelah timur, tepatnya di Kota Musudan-ri. Pasalnya, belum lama ini pemerintahan Kim Jong-Il juga membangun tempat peluncuran rudal yang baru di pesisir pantai sebelah barat. Jika situs sebelah timur mengancam eksistensi Rusia dan AS, situs sebelah barat cenderung mengarah ke Tiongkok.

Sejumlah analis yang dihubungi Reuters menyebut peluncuran rudal balistik terbaru itu akan menjadi sarana intimidasi terbaru Korut. (hep/ttg)

SEOUL - Korea Utara (Korut) segera meluncurkan rudal balistik tercanggihnya yang memiliki daya jangkau terjauh. Konon, generasi kedua rudal Taepodong


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News