Gabung Kabinet Jokowi? Tak Usah Ikut Kapal Nyaris Karam

Pengamat Sebut Puan Maharani Masuk Daftar Reshuffle

Gabung Kabinet Jokowi? Tak Usah Ikut Kapal Nyaris Karam
Gabung Kabinet Jokowi? Tak Usah Ikut Kapal Nyaris Karam

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) Muhammad Budyatna memerkirakan upaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menggandeng partai politik anggota Koalisi Merah Putih (KMP) dan masuk dalam Kabinet Kerja tidak akan berhasil. Sebab, KMP tentu tak mau kena imbas pemerintahan Jokowi yang semakin terperosok.

"Siapa yang mau bergabung dengan pemeritahan yang akan membawa Indonesia karam? Saya rasa KMP juga menolak,” kata Budyatna saat dihubungi, Selasa (7/7).

Selain itu, lanjutnya, KMP tentu sudah sakit hati karena Golkar dan PPP juga diacak-acak. ”Jokowi mengacak-ngacak PPP dan Golkar. Mana ada orang meski politisi sekalipun akan percaya pada Jokowi?" sambungnya.

Di sisi lain, kata Budyatna, Koalisi Indonesia Hebat (KIH) juga tak sekompak dulu lagi. Terlebih karena hubungan PDIP dan Jokowi sudah renggang,

Budyatna menyebut fakta itu akan memaksa memaksa Jokowi harus merapatkan diri ke relawannya di bawah kendali Rini Soemarno. ”Dengan KIH, Jokowi kan sudah pecah kongsi. KMP kemungkinan menolaknya. Satu-satunya harus memperkuat barisan dengan relawan di bawah komando Rini," ulasnya.

Bagi Rini, ujar Budyatna, kondisi itu menjadi sebuah peluang untuk menempatkan para relawannya di jajaran direksi atau komisaris BUMN. Selain itu Jokowi melalui reshuffle tentu akan mengurangi porsi menteri dari kader PDI Perjuangan.

"Mereka (PDIP, red) mendorong Rini untuk di-reshuffle. Tapi melihat fakta ini, Rini tidak akan digusur, meski sudah dituduh menjelek-jelekan Jokowi. Saya justru melihat para menteri dari partai yang akan di-reshuffle, bisa saja Puan Maharani yang berada paling atas untuk dicopot," pungkasnya.(fas/jpnn)

 

JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) Muhammad Budyatna memerkirakan upaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menggandeng partai


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News