Kepala Penjara Rumania Era-Komunis Divonis 20 Tahun Penjara atas Kasus Kemanusiaan

Kepala Penjara Rumania Era-Komunis Divonis 20 Tahun Penjara atas Kasus Kemanusiaan
Alexandru Visinescu. Foto: AFP

jpnn.com - RUMANIA - Seorang mantan kepala penjara era-komunis telah dijatuhi hukuman 20 tahun penjara setelah dinyatakan bersalah atas kejahatan terhadap kemanusiaan dalam sidang pertama tersebut di Rumania.

Alexandru Visinescu, 89, mengendalikan penjara terkenal Ramnicu Sarat sejak 1956-1963, di mana para tahanan diduga disiksa dan kelaparan. Setidaknya 12 orang dilaporkan tewas akibat kekerasan tersebut.

Visinescu membantah tuduhan dan mengatakan ia hanya mengikuti perintah. Jaksa telah menuntutnya dengan hukuman 25 tahun, dengan alasan bahwa Visinescu mengawasi sebuah "rezim pemusnahan" di kamp penjara Ramnicu Sarat di timur negara itu.

Dijuluki dengan "penjara diam" karena para tahanan ditahan di sel isolasi, tempat fasilitas para intelektual, pembangkang, pendeta dan lain-lain yang dianggap musuh oleh Partai Komunis.

Visinescu mengajukan banding terhadap hukuman 20 tahun dijatuhkan pada hari Jumat kemarin.

Menurut kantor berita yang dikelola Rumania Agerpres mengatakan pengadilan juga memerintahkan dia membayar kompensasi sebesar 300.000 euro kepada keturunan para tahanan yang melakukan gugatan perdata. 

Kepala Penjara Rumania Era-Komunis Divonis 20 Tahun Penjara atas Kasus Kemanusiaan

Visinescu, yang mulai sidang pada September adalah mantan kepala penjara pertama yang dihukum di Rumania atas pelanggaran dalam sistem peradilan era-komunis.

RUMANIA - Seorang mantan kepala penjara era-komunis telah dijatuhi hukuman 20 tahun penjara setelah dinyatakan bersalah atas kejahatan terhadap kemanusiaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News