Dalam 4 Hari Terakhir, 8 Gempa Terjadi di Queensland

Dalam 4 Hari Terakhir, 8 Gempa Terjadi di Queensland
Dalam 4 Hari Terakhir, 8 Gempa Terjadi di Queensland

Seorang seismolog atau ahli gempa senior di Australia mengatakan, 8 gempa telah terdeteksi di Queensland sejak hari Kamis (30/7). Pada hari Sabtu (1/8) saja, gempa yang terjadi di negara bagian ini berkekuatan 5.7 SR atau sekuat 15 bom atom.

Ahli gempa senior di lembaga ‘Geoscience Australia’, Dan Jaksa, mengatakan, 3 dari gempa itu, yang semuanya terjadi di sekitar 120 kilometer arah timur Pulau Fraser, terdaftar sebagai gempa berkekuatan 5 skala richter (SR) atau lebih.

Ia mengatakan, setidaknya, 1 dari 4 gempa di hari Sabtu itu dirasakan oleh warga di antara wilayah Bundaberg dan Gold Coast.

"5 SR itu sama kuatnya dengan tes bom atom. 5,7 SR itu sekitar 15 kali lebih besar dari 5 SR, jadi itu seperti 15 ledakan atom dari energi," jelas Dan.

Dalam 4 Hari Terakhir, 8 Gempa Terjadi di Queensland
Sebanyak 8 gempa bumi telah terjadi di lepas pantai Pulau Fraser, Queensland, sejak Kamis (30/7). (Foto: Geoscience Australia)

Satu jam setelah gempa berkekuatan 5,7 SR itu terjadi, gempa susulan berkekuatan 5,1 SR melanda di tempat yang sama.

Ada juga lima gempa lainnya yang berkekuatan 2,8-3,9 SR terjadi sejak Kamis (30/7).

Meskipun ada minat yang luas dan, dalam beberapa kasus, ada keprihatinan, Dan mengatakan, aktivitas lempeng di masa depan adalah "tak mungkin" diprediksi.

Seorang seismolog atau ahli gempa senior di Australia mengatakan, 8 gempa telah terdeteksi di Queensland sejak hari Kamis (30/7). Pada hari Sabtu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News