Hujan Deras, 10 Rumah Rusak Diterjang Luapan Sungai

Hujan Deras, 10 Rumah Rusak Diterjang Luapan Sungai
Hujan Deras, 10 Rumah Rusak Diterjang Luapan Sungai

jpnn.com - SIMALUNGUN - Curah hujan yang tinggi serta meluapnya Sungai Salbe mengakibatkan 10 rumah warga di Dusun Salbe, Nagori Togu Domu Nauli, Kecamatan Dolok Pardamean, Simalungun, rusak. Tiga di antaranya rusak parah.

Pantauan Metro Siantar (grup JPNN) di lokasi kejadian, derasnya hujan mengakibatkan sungai tidak dapat menampung volume air. Akibatnya, air meluap dan menghantam rumah warga hingga 3 rumah rusak parah dan 7 rumah lainnya rusak ringan.

Kerusakan ini juga diakibatkan hantaman air bercampur bongkahan batu besar dari pegunungan. Namun, tidak ada korban jiwa akibat banjir tersebut.

"Bukan longsor, tapi sungai meluap bercampur bongkahan batu. Akibatnya 3 rumah warga yang berdekatan dengan sungai rusak parah. Kejadiannya semalam (Senin, red) sekira pukul 10.00WIB," jelas Djasiun Sitio (61), warga Salbe, Nagori Togu Domu Nauli, Kecamatan Dolok Pardamean, Selasa (11/8).

Masih kata Djasiun, rumah warga yang rusak parah adalah milik Frans Sitio, M Sinaga dan L Sihaloho.

"Mengetahui hujan lebat, warga langsung mengungsi sehingga tidak ada korban jiwa. Namun beberapa barang tidak sempat diselamatkan. Papan bagian depan rumah juga rusak (jebol) diterjang bebatuan besar," tambahnya.

Senada disampaikan warga lainnya, Fernando Manik. Dia mengatakan, hujan terus berlanjut hingga dini hari. "Tadi malam hujan deras, tiba-tiba air bercampur bongkahan batu menerpa," kata Fernando Manik.

Masih kata Fernando, setiap hujan deras, maka warga harus berhati-hati karena kondisi di sana rawan longsor. "Daerah Salbe merupakan pegunungan batu, sehingga jika hujan deras, akan rawan longsor atau banjir. Yang paling sering adalah longsor sehingga jalan tertutup," ungkapnya.

SIMALUNGUN - Curah hujan yang tinggi serta meluapnya Sungai Salbe mengakibatkan 10 rumah warga di Dusun Salbe, Nagori Togu Domu Nauli, Kecamatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News