Besok tak Hadir di Istana, SBY Pilih ke Lokasi Perang Gerilya

Besok tak Hadir di Istana, SBY Pilih ke Lokasi Perang Gerilya
SBY dan Megawati Soekarnoputri. Foto ilustrasi.dok.Jawa Pos.com

jpnn.com - JAKARTA - Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sudah memastikan tidak hadir dalam peringatan detik-detik proklamasi di Istana Merdeka, Senin (17/8) besok. Alasan ketidakhadiran sama dengan absennya presiden ke-6 RI itu dalam pidato kenegaraan, di parlemen, Jumat (14/8), lalu.

Dalam keterangan resminya kemarin, SBY menjelaskan bahwa kehadiran para mantan presiden dan wapres dalam kedua agenda tersebut bersifat undangan. Karena itu, tahun ini dia memutuskan untuk tidak hadir.

"Setelah selama ini saya peringati Hari Kemerdekaan di Jakarta, tahun ini saya ingin pulang kampung untuk memperingatinya di Pacitan," terang SBY lewat akun twitternya kemarin (15/8).

SBY menuturkan, selama 10 tahun kepemimpinanya, hanya beberapa kali mantan presiden dan wapres hadir dalam agenda pidato kenegaraan. Itu karena sifatnya memang undangan. Dalam peringatan detik-detik proklamasi di Istana Merdeka pun, mantan Presiden Abdurrahman Wahid pernah datang sekali.

"Selebihnya, para mantan presiden memperingatinya di tempat lain," lanjut mantan Menkopolkam itu.

SBY mengaku tidak menaruh pikiran negatif atas ketidakhadiran para mantan presiden dan wapres di eranya. Menurut dia, ketidakhadiran para mantan presiden kala itu tidak perlu dipersoalkan karena memang tidak ada keharusan.

Tahun ini, Ketua Umum DPP Partai Demokrat itu berencana merayakan peringatan hari kemerdekaan di Nawangan, Pacitan, bersama para veteran pejuang. Nawangan, lanjut SBY, merupakan lokasi perang gerilya yang dipimpin panglima Sudirman.

Saat pidato kenegaraan berlangsung, SBY dan Ani Yudhoyono sedang berada di Purwokerto. Keduanya berziarah ke makam mertua SBY, Sarwo Edhie Wibowo. Kemudian, SBY bergeser ke Jogjakarta. Kemarin pagi, barulah dia berangkat ke Pacitan.

JAKARTA - Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sudah memastikan tidak hadir dalam peringatan detik-detik proklamasi di Istana Merdeka, Senin (17/8) besok.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News