Pramuka dan Kopassus Terjun ke Kali Ciliwung

Pramuka dan Kopassus Terjun ke Kali Ciliwung
Ilustrasi.

jpnn.com - JAM baru menunjukan pukul 08.00 WIB, namun kawasan Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST), Kopassus Cijantung sudah dipenuhi 512 anggota Pramuka dari berbagai Gugus Depan di Jakarta. Sabtu pagi, (15/8), Kwarnas Gerakan Pramuka kembali turun membersihkan Kali Cilwung. 

“Kegiatan ini bekerjasama dengan Kopassus”, jelas Nurdin Hasan, Andalan Nasional Gerakan Pramuka di lokasi.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua Kwarnas Bidang BUMGP Rafli Effendi mengaku bangga dengan semangat para anggota pramuka yang ikut serta dalam kegiatan ini. 

“Saya kaget, meskipun ini hari libur ternyata anggota Pramuka yang hadir banyak sekali," ungkapnya. 

Menurut Rafli Effendi, di kepemimpinan Adhyaksa Dault, pengabdian pramuka kepada alam dan masyarakat terus ditingkatkan. Menurut dia, itu menjadi tema dalam Hari Pramuka Ke-54 tahun. 

“Pramuka adalah garda terdepan pelaku perubahan dalam pembentukan karakter kaum muda," kata Rafli Effendi.

Selain membersihkan Kali Ciliwung, anggota pramuka juga menanam pohon, membersihkan bantaran sungai, belajar mendaur ulang sampah dan penyebaran benih ikan.

Diana, 16, salah satu anggota mengatakan, dengan kegiatan pramuka semakin dikenal secara utuh oleh masyarakat, bukan hanya tepuk tangan, seragam dan baris berbarisnya.  

JAM baru menunjukan pukul 08.00 WIB, namun kawasan Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST), Kopassus Cijantung sudah dipenuhi 512 anggota Pramuka

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News