Perbedaan Unik Bayi Perempuan atau Laki-laki Saat Lahir

Perbedaan Unik Bayi Perempuan atau Laki-laki Saat Lahir
ilustrasi

jpnn.com - ANAK laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan, tentu saja dan perbedaan ini hadir pada saat lahir, menurut sebuah studi baru dari Rumah Sakit Anak Los Angeles.

Menggunakan magnetic resonance imaging (MRI) pada 35 bayi perempuan yang baru lahir dan 35 bayi laki-laki yang baru lahir, peneliti menemukan bahwa dimensi penampang vertebral, yang membantu menentukan kekuatan tulang belakang, kira-kira 11 persen lebih kecil pada bayi perempuan yang baru lahir daripada anak laki-laki.

Terlebih lagi, mereka mengatakan perbedaan tersebut tidak ditemukan dalam mamalia lain, dan itu satu-satunya perbedaan fisiologis antara jenis kelamin pada manusia saat lahir.

"Meskipun kita sudah tahu bahwa anak perempuan memiliki tulang yang lebih kecil daripada anak laki-laki, kami tidak tahu bagaimana awal perbedaan ini pertama terjadi," kata salah satu peneliti, seperti dilansir laman Fox News, Kamis (20/8).

"Studi kami memberikan bukti baru bahwa perbedaan ini dimulai selama perkembangan janin," kata para peneliti lebih lanjut.

Para peneliti menduga bahwa dimensi penampang yang lebih kecil memungkinkan tulang belakang perempuan untuk beradaptasi dengan beban janin saat hamil.

Tapi ada sisi negatifnya juga. Perempuan juga menumpuk massa tulang kurang dari laki-laki selama hidup mereka yang menyebabkan resiko patah tulang belakang yang lebih besar dan peningkatan risiko scoliosis dan osteoporosis.

Namun, pembangunan tulang bisa dioptimalkan dengan latihan dan nutrisi.(fny/jpnn)


ANAK laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan, tentu saja dan perbedaan ini hadir pada saat lahir, menurut sebuah studi baru dari Rumah Sakit Anak


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News