Jokowi Sentil Jaksa Agung?

Jokowi Sentil Jaksa Agung?
Presiden Jokowi. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - BOGOR--Presiden Joko Widodo gerah melihat fakta rendahnya penyerapan anggaran di daerah. Hal ini karena para kepala daerah dan pejabat takut menggunakan anggaran. Mereka khawatir, jika menggunakan anggaran justru terjerat kriminalisasi oleh penegak hukum, terutama dari kejaksaan dan kepolisian.

Menurut informasi yang beredar, akibat kekhawatiran para kepala daerah itu, presiden sudah memanggil Jaksa Agung. M. Prasetyo. Mantan politikus Partai Nasdem itu ditegur presiden karena banyak menjerat kada.

"Presiden tegur Jaksa Agung, karena terkadang dia yang suruh aparatnya untuk perkarakan kepala daerah. Makanya para kepala daerah tidak mau realisasi anggaran daripada dikriminalisasi," ujar sumber JPNN yang mengikuti rapat pengarahan bersama presiden dan Wapres Jusuf Kalla di Istana Bogor, Senin (24/8).

Menurutnya, pada pengarahan tersebut tidak ada teguran Jokowi pada Prasetyo. Teguran itu sudah disampaikan sebelum pertemuan tersebut berlangsung.

"Kalau tadi presiden tidak singgung lagi dalam rapat. Hanya bahas secara umum soal penyerapan anggaran," tegas sumber yang mewanti-wanti agar namanya tidak ditulis itu.

Sebagaimana diberitakan, presiden sebelumnya memang pernah mengeluhkan serapan anggaran yang rendah baik di APBN, APBD maupun BUMN. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga pernah meminta kepala daerah tidak dikriminalisasi agar program-program di daerah bisa dikerjakan tanpa kekhawatiran. (flo/jpnn)


BOGOR--Presiden Joko Widodo gerah melihat fakta rendahnya penyerapan anggaran di daerah. Hal ini karena para kepala daerah dan pejabat takut menggunakan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News