Alasan Kemenag Dinilai Aneh, YLKI Curiga Ini Penyebab Sebenarnya

Alasan Kemenag Dinilai Aneh, YLKI Curiga Ini Penyebab Sebenarnya
Lukman Hakim Saifuddin. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menilai alasan Kementerian Agama (Kemenag) terkait tertundanya keberangkatan calon jamaah haji ke Tanah Suci, tidak masuk akal.

Kementerian yang dipimpin Lukman Hakim Saifuddin itu beralasan kasus ini terjadi  lantaran adanya perubahan pengurusan visa oleh pemerintah Arab Saudi.

"Alasan itu menurut saya aneh, karena proses visa bisa diproses jauh-jauh hari. Bahkan sejak BPIH calon jamaah lunas," ujar Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi kepada JPNN.com, Selasa (25/8) malam.

Keanehan lainnya menurut Tulus, hal serupa nyatanya tidak terjadi pada calon jamaah di Malaysia. Dia justru menduga batalnya para calon jamaah haji di Indonesia karena tidak lolos screening pesawat-pesawat dari Amerika dan Eropa.

"Pesawat-pesawat itu kan disewa oleh Garuda dari Amerika dan menerapkan screening ulang untuk calon jamaah seperti tahun sebelumnya. Saya curiga mereka tertunda karena jamaah tidak lolos screening," ungkap Tulus.

Untuk itu, dia meminta kemenag bertanggung jawab terhadap kerugian yang dialami calon jamaah. Termasuk menyediakan extra flight jika diperlukan. "Jangan sampai calon jamaah gagal berangkat tahun ini," pintanya. (chi/jpnn)


JAKARTA - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menilai alasan Kementerian Agama (Kemenag) terkait tertundanya keberangkatan calon jamaah haji


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News