Wakil Ketua DPR: Polri Kayak LSM

Wakil Ketua DPR: Polri Kayak LSM
Wakil Ketua DPR: Polri Kayak LSM

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua Komisi III DPR, Desmond J Mahesa menyindir kinerja Bareskrim Polri soal status tersangka calon pimpinan KPK. Menurut Desmond, dengan tidak mengungkap nama capim tersebut ke publik maka Polri sama saja kayak LSM (lembaga swadaya masyarakat).

"Kalau tidak diumumkan jadi fitnah. (Polri) jangan biasa menggunakan kelembagaannya menyebarkan isu tidak jelas. Sama saja dengan LSM," kata Desmond di gedung DPR Jakarta, Selasa (1/9).

Politikus Gerindra itu mengaku sudah melihat ada gejala aneh dari seleksi Capim KPK sejak awal, yakni ada penggalangan opini terhadap calon tertentu. Sebagai contoh, Indonesia Corruption Watch (ICW) menyebut jaksa dan polisi tidak layak masuk jajaran pimpinan KPK. 

Ini menurutnya mengindikasikan bahwa calon dari kedua institusi itu tidak boleh masuk KPK. "Hari ini ada statement Kabareskrim ada calon bermasalah, tapi tidak disebutkan. Kalau tidak konkrit polisi dan ICW itu sama saja. Sama sama menimbulkan isu yang tidak sehat," tegas Desmond.

Karena itu, dari nama-nama yang sudah diumumkan oleh Presiden Joko Widodo, akan diteliti betul oleh komisi III DPR dalam uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test).

"Kami harus meneliti ulang. Kami ingin maksimal. Ke depan harus lebih kita cermati, ini tugas kita semua termasuk wartawan," pungkasnya.(fat/jpnn)


JAKARTA - Wakil Ketua Komisi III DPR, Desmond J Mahesa menyindir kinerja Bareskrim Polri soal status tersangka calon pimpinan KPK. Menurut Desmond,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News