Ini Dia Produk Andalan Ekspor Chile ke Indonesia

Ini Dia Produk Andalan Ekspor Chile ke Indonesia
Ini Dia Produk Andalan Ekspor Chile ke Indonesia

jpnn.com - JAKARTA - Chile adalah negara Amerika latin yang hanya berpenduduk 18 juta jiwa. Tapi negara itu telah menjadi salah satu stakeholder yang paling penting dalam industri makanan di dunia. 

Bahkan, Chile dikenal telah berhasil membangun negaranya sebagai salah satu dari sedikit negara di dunia dengan kontribusi sektor makanan lebih dari 10 persen terhadap produk domestik bruto (PDB).

Semua prestasi ini karena komitmen sektor publik dan swasta Chili yang telah berhasil memposisikan negaranya sebagai pemasok terpercaya makanan dengan lima keunggulan dari para pesaingnya. 

Kelima unggulan itu adalah kualitasnya terjamin, tak berbahaya, jelas asal-usulnya, bergaransi internasional, dan rasanya alami. 

Kebanyakan produk tradisional Chile ini oleh perusahaan-perusahaan Chile dilakukan inovasi untuk menambah nilai ekspornya.

“Chile menargetkan akan menjadi masuk dalam top 10 eksportir di sektor makanan ini pada tahun 2020,” kata Duta Besar (Dubes) Chile untuk Indonesia Eduardo Ruiz Asmussen di Jakarta, hari ini.

Nah apa saja produk sektor makanan yang menjadi andalan ekspor Chile? Eduardo pun menjelaskan, beberapa diantaranya adalah blueberry, anggur, plum, apel kering, salmon Pasifik, alpukat, ceri segar, raspberry beku  dan masih banyak lagi.

Dia lantas menerangkan, pada tahun tahun 2014, total ekspor makanan dari Chile mencapai USD 16,2 miliar dari total ekspor Chile pada tahun itu mencapai USD 75,6 miliar. 

JAKARTA - Chile adalah negara Amerika latin yang hanya berpenduduk 18 juta jiwa. Tapi negara itu telah menjadi salah satu stakeholder yang paling

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News