Oo... Ini Ternyata Penyebab Harga Avtur Pertamina Mahal

Oo... Ini Ternyata Penyebab Harga Avtur Pertamina Mahal
Foto: Dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Vice President (VP) Corporate Communication PT Pertamina Wianda Pusponegoro menjelaskan ada beberapa komponen yang menyebabkan harga jual bahan bakar pesawat (avtur) mahal di beberapa bandara.

Salah satu komponen tersebut yakni pajak yang dikenakan oleh PT Angkasa Pura II, selaku pengelola bandara di kawasan Indonesia bagian barat. 

Selama ini avtur milik Pertamina dikenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Selain PPN, AP II juga mengenakan beberapa biaya seperti concession fee dan beberapa sewa peralatan di bandara-bandara yang bersangkutan.

Mantan presenter berita ini menambahkan, selama ini kurang kompetitifnya harga avtur di Indonesia secara umum dipengaruhi oleh kondisi geografis Indonesia. Pendistribusian avtur ke lokasi yang sulit dijangkau tersebut, dimasukkan Pertamina dalam biaya operasional yang kemudian mempengaruhi harga jualnya.

"Kami menyalurkan sampai ke Tual Maluku, Mamuju, Berau, Manokwari, Sorong, kemudian Labuhan Bajo. Biaya penganggkutan avtur ke sana juga mahal, karena transportasi terbatas, dan juga infrastrukturnya juga terbatas‎ tentu cost nya tidak sedikit," beber Wianda saat dihubungi, Selasa (15/9).

Karena itu, perseroan saat ini tengah mengkaji dan berkomunikasi dengan AP II untuk menurunkan pajak penjualan di beberapa bandara.

"‎Dengan AP II kami sama-sama mencari langkah-langkah seperti apa, komponen-komponen biaya yang lain dan mungkin pajak bisa dikurangin, agar harga ini (avtur) bisa menjadi lebih kompetitif," ujar Wianda. (chi/jpnn)


JAKARTA - Vice President (VP) Corporate Communication PT Pertamina Wianda Pusponegoro menjelaskan ada beberapa komponen yang menyebabkan harga jual


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News